Ganti Processor Karena tertipu Virus

Intel Pentium4 530
Intel Pentium4 530

Bro dan Sys semuanya… Sekitar satu minggu kemarin KomMotor mendapat sebuah pelajaran berharga. Tiba-tiba komputer menjadi super lemot dan suhu processor mendekati angka 80 derajat celcius. Ditambah lagi pengukuran kinerja processor yang sselalu di angka 100%. Maka KomMotor pun langsung menduga kalau Processor Intel Core 2 Duo E4600 lah penyebabnya. Karena itulah KomMotor pun langsung ganti processor dan langsung meluncur untuk hunting processor baru. Dan ternyata setelah mendapatkan processor baru, ternyata komputer masih super lemot dan ternyata KomMotor telah tertipu virus nyebelin sejenis Trojan.

Tetapi hikmahnya, KomMotor mendapatkan processor Intel Pentium 4 530 yang clocknya 3Ghz dan FSB 800 Mhz, sekaligus mendapat cash back sebesar Rp. 200.000,- dari hasil penjualan Core 2 duo, lumayan untuk dapat menyambung hidup. Intinya sebelum kita fokus ke hardware alangkah baiknya kita checking sistem operasi komputer kita, salah satunya dengan menggunakan scanner antivirus. Karena sudah terlanjur beli ini processor, maka komMotor pun melakukan review untuk processor Pentium 4 530 ini dengan harapan berguna buat semuanya dan sebagai tambahan referensi buat yang hendak meminang processor ini.

Secara umum kinerja processor ini tergolong luar biasa untuk ukuran processor single core, terbukti setelah komMotor gunakan ternyata untuk booting awal dan ngangkat aplikasi serta games processor ini masih maknyus banget. Hanya kalah sedikit dengan Core 2 Duo E4600 yang komMotor gunakan sebelumnya. Tetapi anehnya ketika di test dengan Windows Experience Index yaitu alat untuk mengukur performance yang terdapat di Windows 7, skor processor Pentium 4 530 kalah telak dibanding E4600. Padahal kenyataanya performance keduanya tidak jauh-jauh banget. Mungkin karena komputasi yang digunakan tidak membutuhkan jumlah core, tetapi justrtu membutuhkan core clocknya, dimana dalam hal ini pentium4 530 unggul dengan core clock 3Ghz, sedangkan E4600 mempunyai clock 2,4Ghz. Ditambah lagi Pentium4 530 mempunyai core bayangan jika mengaktifkan Hyper Threading dan Motherboardnya emang support untuk fitur tersebut.

Berikut hasil Screen Shoot dari Windows Experience Index untuk Processor E4600 :

Screenshoot Core 2 Duo
Screenshoot Core 2 Duo

Dan ini adalah SS dari Windows Experience Index untuk Processor Pentium4 530 :
Screenshoot Pentium 4 3GHz
Screenshoot Pentium 4 3GHz

Buat yang budgetnya terbatas processor ini recomended banget deh dan sebagai info KomMotor mendapatkan processor ini second dengan harga Rp. 120.000,- Murah kan??? Dan buat yang punya pendapat dan masukkan lain silahkan di share di kolom komentar. Semoga berguna…

Iklan

Satu respons untuk “Ganti Processor Karena tertipu Virus

Mangga Komentar... Biar Cetar... :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s