Aprilia Yakin MotoGP Bisa Menarik Pabrikan Lainnya Untuk Kembali

Aprilia MotoGP 2003
Aprilia MotoGP 2003

Aprilia Yakin MotoGP Bisa Menarik Pabrikan Lainnya Untuk Kembali setelah adanya perubahan struktural terbaru di MotoGP. Seperti kita ketahui, mulai tahun 2012, MotoGP hanya terdiri dari 3 Tim Pabrikan dan selebihnya Tim CRT.

Pabrikan Italia ini sejak tahun 2004 tidak ikut serta lagi di MotoGP. Meskipun masih mendominasi di tahun 2006 dan 2007 yang berhasil menjadi juara dunia di kelas 250cc melalui Jorge Lorenzo sebagai pembalapnya.

Harapan Aprilia untuk bergabung di kelas MotoGP beberapa tahun terakhir ini sempat menipis dikarenakan biaya yang mahal dan peraturan yang selalu berubah-ubah.

Direktur teknis Luigi Dall’Igna baru-baru ini mengatakan bahwa Dorna yang memegang kendali persaingan MotoGP dan World Superbike Championship akan menjadi ‘keuntungan besar’ dalam memfasilitasi kembalinya pabrikan seperti Aprilia, Suzuki dan Kawasaki.

“Ini adalah masa perubahan besar yang dapat mewakili cara untuk jalan terbaik MotoGP selanjutnya,” kata Dall’Igna kepada Motosprint.

Ketika ditanya apakah Dorna bisa menarik kembali pabrikan termasuk Aprilia kembali ke MotoGP, dia menjawab: “Saya kira itu bisa dilakukan, dan dalam waktu yang wajar.”

“Dengan imajinasi yang lebih baik pada Dorna, pada kenyataannya, sebut saja jalan keluar terbaik,  itu benar-benar dapat mencapai tujuan, yakni kembalinya pabrikan.”

“Ini tidak akan mudah, terutama dalam jangka pendek. Perubahan terakhir  yang dilakukan beberapa saat yang lalu, Dorna yang telah mengembangkan aturan motor 1.000 tidak bisa menyelesaikan segalanya.”

“Tapi kalau kita berpikir jangka menengah, menurut saya itu bisa dilakukan saat ini.”

Dall’Igna mengatakan bahwa bagaimanapun terobosan Dorna tentang spesifikasi ECU dan datalogger dengan tujuan melakukan sedikit pemotongan biaya dan membuat balapan lebih menarik, adalah belum tepat.

“Saya tidak berpikir kontrol ECU adalah ide bagus. Ini adalah strategi yang banyak meningkatkan biaya, karena hal ini berarti membutuhkan orang-orang dan tenaga penguji, begitu juga biaya yang besar pada tahap pengujian itu sendiri.”

Kesimpulannya adalah pabrikan Aprilia masih belum bisa kembali ke ajang MotoGP dalam waktu dekat. Kecuali ada jalan keluar terbaik, yang bisa memotong biaya. Semoga saja segera ada jalan keluar terbaik untuk semua pihak, agar kita sebagai pecinta MotoGP yang diuntungkan.

Terbayang serunya MotoGP ketika Honda, Yamaha dan Ducati ditempel ketat oleh pabrikan lain, seperti Aprilia, Kawasaki, Suzuki dan mungkin saja BMW dengan kualitas yang setara. Sudah tidak sabar nunggu Tim Aprilia MotoGP kembali, semoga saja…

Sumber : www.autosport.com

Iklan

2 respons untuk ‘Aprilia Yakin MotoGP Bisa Menarik Pabrikan Lainnya Untuk Kembali

  1. oyo Januari 7, 2013 / 13:08

    ‘mantap,,semoga!
    sayang bgt regulasi msh blm berpihak,,dana msh jd kendala. msh byk pro-kontra sl perlu tdknya kontrol elektronik,,bkn hrs dihilangkn tp bs dibatasi bagaimanapun keselamatan joki jg penting,,,lumayan to ‘cost bs ditekan dan pabrikan yg pny kombinasi motor baik plus paket pembalap mumpuni yg bakal sinergi dan kompetitif.
    biar keahlian pembalap yg bicara dan bukan motor..ya apa iya bro ehehehe,,

    • kommotor Januari 7, 2013 / 16:51

      Iya gan setuju…penekanan biaya mungkin bukan hanya masalah piranti elektronik aja…IMHO…masih bnyak hal laen yg harus dibenahin..

Mangga Komentar... Biar Cetar... :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s