Tips Memilih Power Supply Untuk Komputer

Power Supply
Power Supply

Tips Memilih Power Supply Untuk Komputer ini KomMotor sajikan buat bro dan sys semuanya yang ingin membeli power supply baru dikarenakan rusak atau sekedar ingin upgrade untuk mencukupi kebutuhan hardware komputernya.

Alat ini dikenal juga dengan sebutan PSU (Power Supply Unit) yang berfungsi untuk memasok daya listrik ke setiap hardware dalam komputer kita. Apabila kualitas power supply tidak memadai dan bahkan abal-abal maka dapat menyebabkan kerusakan fatal hardware komputer kita.

Jadi sangat bijaksana apabila bro dan sys semuanya memberi perhatian dan dana lebih untuk membeli power supply terbaik untuk komputer kita. Masa sih spek komputernya keren tapi power supply nya bawaan casing dan tidak memadai???

Berikut Tips Memilih Power Supply Untuk Komputer selengkapnya :

  • Pastikan berapa kebutuhan daya dari komputer kita dengan menghitungnya dengan PSU calculator, klik di sini. Setelah diketahui berapa kebutuhan daya minimal dari komputer kita, maka kita akan mudah menentukan PSU yang kita butuhkan untuk komputer kita.
  • Apabila bro dan sys semuanya ngga mau rempong menghitung dengan PSU calculator, maka untuk komputer yang digunakan untuk pekerjaan sehari-hari biasanya membutuhkan PSU dengan daya 350-500 watt. Sementara untuk komputer dengan spesifikasi untuk game biasanya membutuhkan PSU dengan daya 500 watt dan bisa lebih.
  • Pastikan PSU yang akan kita beli memiliki konektor yang dibutuhkan untuk semua hardware komputer kita. Terutama untuk VGA high-end yang biasanya membutuhkan konektor khusus. Apalagi jika ada niatan untuk menggabungkan 2 VGA baik dengan SLI ataupun Crossfire yang selain membutuhkan konektor khusus juga PSU yang di atas rata-rata.
  • Buat yang membutuhkan Silent PSU alias PSU yang tidak terlalu berisik yang biasanya diperuntukkan buat komputer yang dijadikan home theater, saran KomMotor jatuh kepada Zalman ZM600-HP. PSU dengan daya 600 watt memiliki performa keren dengan kipas yang tidak berisik.
  • Carilah PSU yang memiliki efisiensi daya diatas 80%. Hal inilah yang merupakan perbedaan antara PSU keren dan PSU biasa. PSU keren biasanya efisiensinya di atas 80%, biasanya ditandai dengan adanya logo “80Plus”.
  • Pilih PSU dengan garansi paling panjang. Logikanya pabrikan pembuat PSU berani memberikan garansi yang panjang dikarenakan mereka yakin dengan kualitas produk mereka. Dan kita sebagai konsumen akan lebih tenang dengan adanya garansi dalam jangka waktu yang lama. Beberapa produsen PSU berani memberikan garansi dari 3 tahun dan bahkan sampai 5 tahun.
Power Supply dan kabel konektornya
Power Supply dan kabel konektornya

Dan terakhir berikut beberapa merk PSU yang direkomendasikan hasil Googling, forum dan blog walking KomMotor : Antec, Corsair, Cooler Master, Thermaltake, Tagan, Hiper, Zalman dan Be Quiet! Semoga dengan adanya tulisan ini bro dan sys semuanya tidak bingung lagi dalam memilih power supply.

Buat yang mau nambahin atau sekedar berbagi pengalaman seputar PSU, silahkan di share di kolom komentar…

Iklan

9 respons untuk ‘Tips Memilih Power Supply Untuk Komputer

  1. Bosse Nada Februari 11, 2013 / 07:45

    Thanks gan atas inpohnya…………..

  2. yanusakti Februari 11, 2013 / 10:40

    tanya mas bro… semua PSU modelnya sama g? (bentuknya) karena slama ini beli built in di casing. takutnya beli PSU saja g cocok ama casingnya… recomended PSU range 200rb’an apa mas bro? 😀

    • kommotor Februari 11, 2013 / 12:21

      Paling yg beda ukuran/dimensi cuman yang untuk mini ATX, agak lebih kecil, selain itu semuanya ukuran ATX standar, sama semua.CMIIW..Untuk PSU range 200 ribu yang recomended, spesifikasi komputernya boleh tau ngga?? biar ngga disalahin kalau ada apa2… 😉

  3. ipanase Februari 23, 2013 / 22:50

    aku pake venom 😀

  4. andrian Februari 25, 2015 / 21:21

    Bro
    Vga gtx 750 ti
    Ram 8 gb
    Mobo gigabyte ga-b85m-hd3
    Processor i3-4160
    Butuh psu brp watt ya?
    Dan psu corsair vs 450w + 80
    Abal2 ga bro?

    • KomMotor Maret 16, 2015 / 10:33

      coba cek pake calculator psu, link nya ada di atas…
      Cari aman sih minimal 500 watt..
      Corsair okeh punya gan, papan atas ituh.. 😎

Mangga Komentar... Biar Cetar... :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s