Mahasiswa Indonesia Juara Kompetisi Keamanan Cyber

Firman Azhari-Sang Jenius
Firman Azhari-Sang Jenius

Sebuah kabar baik untuk masyarakat Indonesia yaitu Mahasiswa Indonesia Juara Kompetisi Keamanan Cyber, pada event  CyberSecurity for the Next Generation 2013. Kita patut berbangga, pasalnya kompetisi ini digelar oleh pihak Kapersky untuk wilayah Asia Pasifik, Timur Tengah dan Afrika.

Siapakah gerangan mahasiswa jenius tersebut? Dia adalah Firman Azhari, seorang mahasiswa S2 Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STIE) Institut Teknologi Bandung (ITB). Dengan karyanya yang berjudul “Detection of Security Vulnerability in Indonesia NFC Application”, ia berhasil mengalahkan para peserta lainnya.

Karya dari Firman ini adalah menjelaskan rapuhnya keamanan pada aplikasi yang menggunakan teknologi NFC (Near Field Communication). Untuk diketahui, aplikasi tersebut bervariasi, mulai dari pembayaran untuk transportasi publik, hingga akses kontrol untuk gedung-gedung dengan standar keamanan yang tinggi.

Seperti dilansir Kompas, Firman menjelaskan: “Saat presentasi, saya melakukan demonstrasi untuk memperlihatkan betapa cepat dan mudahnya mendapatkan data atau identitas seseorang menggunakan perangkat dengan sistem operasi Android. Tidak hanya untuk keperluan menyerang, saya juga menawarkan solusi untuk mengatasi orang-orang jahat di sekitar kita, agar tetap aman dari tindakan orang-orang yang tidak bertanggung jawab.”

Firman yang berprofesi sebagai Asisten Peneliti BlackBerry Innovation Center ITB, berkesempatan mengikuti Kaspersky’s CyberSecurity for the Next Generation tingkat global dimana karyanya akan diadu melawan pemenang-pemenang dari wilayah Amerika, Rusia, dan Eropa pada bulan Juli 2013 nanti di Royal Holloway, University of London.

Yang paling membanggakan adalah Firman keluar sebagai juara setelah mengalahkan para finalis yang berasal dari negara  Australia, Hong Kong (China), India, Jepang, Iran, dan Afrika Selatan. Artinya kita sebagai bangsa Indonesia harus optimis suatu saat negara kita bisa maju seperti mereka. Buktinya warga Indonesia bisa menjadi juara pada perlombaan yang diikuti oleh negara-negara maju tersebut.

Giman bro dan sys semuanya? Kagum? Termotivasi? Atau biasa saja? Kalau ane sih jujur sangat termotivasi dengan hal ini. Kalau dia mampu, berarti kita pun mampu asal ada usaha. Semoga ane dan semua pengunjung setia KomMotor, suatu saat bisa memberikan sesuatu yang berguna untuk yang lain..Amin… 😉

Iklan

2 respons untuk ‘Mahasiswa Indonesia Juara Kompetisi Keamanan Cyber

    • kommotor April 2, 2013 / 10:46

      Pastinya gan,,,ikut bahagia…wkwkwkwk…

Mangga Komentar... Biar Cetar... :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s