Format Baru Kualifikasi MotoGP 2013

MotoGP-2013
MotoGP-2013

Format Baru Kualifikasi MotoGP 2013 aslinya udah lama diumumkan oleh CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta. Tetapi berhubung bentar lagi balapan Qatar akan bergulir, barangkali ada yang kebingungan ngelihat free practice ataupun kualifikasi, makanya ane bahas ini aja deh.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, akan ada tiga 45-menit sesi Free Practice, yang pada akhir pekan balapan reguler akan diadakan Jumat pagi dan sore, serta Sabtu pagi. Bedanya tahun ini akan menjadi yang pertama kali ditetapkan dalam sesi-sesi latihan akan berpengaruhterhadap Kualifikasi, dengan hasil gabungan menentukan apakah pengendara akan berpartisipasi dalam Q1 atau Q2.

Q1 terdiri dari pembalap dengan hasil gabungan free practice dari sebelas ke atas dan akan berlangsung dalam waktu 15 menit. 2 pembalap tercepat akan mengikuti Q2 dengan 10 pembalap tercepat di free practice, jadi total ada 12 pembalap yang mngikuti Q2. Sementara para pembalap yang mengikuti Q1 dan tidak lolos ke Q2 akan menempati grid 13 dan seterusnya.

Prosedur Baru

Tiga sesi latihan bebas (Free Practice) tidak akan berubah. Tetapi, kombinasi waktu terbaik dari 3 sesi free practice akan dijadikan acuan untuk masuk sesi kualifikasi.

– 10 pembalap tercepat dari kombinasi waktu FP1, FP2, dan FP3, akan secara otomatis masuk ke sesi kualifikasi 2 (QP2)

– Pembalap yang tidak masuk dalam 10 besar diatas, akan beradu di sesi kualifikasi 1 (QP1)

– Dua pembalap tercepat di QP1 akan mengikuti QP2 dan bergabung dengan 10 pembalap tercepat di Free Practice 1,2 dan 3 untuk memperebutkan grid 1 sampai dengan 12.

– Para pembalap yang tidak lolos ke QP2 akan menempati grid ke 13 dan seterusnya.

Waktu Tiap Sesi

Semua sesi Free Practice (1,2 dan 3) berlangsung selama 45 menit dan berpengaruh untuk menentukan masuk QP1 atau QP2. Free Practice 4 berlangsung selama 30 menit dan tidak berpengaruh terhadap kualifikasi. QP1 berlangsung selama 15 menit, istirahat 10 menit dilanjutkan dengan QP2 selama 15 menit.

Bagaimana bro dan sys semuanya? Udah jelas kan? Atau ada yang mau ditanyakan? Silahkan di share di kolom komentar…

Iklan

7 respons untuk ‘Format Baru Kualifikasi MotoGP 2013

    • kommotor April 2, 2013 / 14:52

      gak juga gan..bedanya tahun 2013 Free practice menentukan kualifikasi, Q1 atau Q2..

    • kommotor April 2, 2013 / 14:53

      Zzzz..terus yang coment paling atas sapa yah?? 😉

  1. bass of eat April 2, 2013 / 18:26

    Kata nya sih, di pake prosedur knock out ky gini karena banyak pembalap2 yg ngeluhin rame nya traffic di lintasan yg buat lap time jadi gak maksimal.
    Tapi sebenernya sistem knock out ky gini secara ga langsung menguntungkan sponsor2 tim tim kecil ky tim2 CRT krn di Q1 pasti motor mreka lebih sering di sorot 😀

    • kommotor April 2, 2013 / 19:53

      Setujuh..brilian sekali bro,,kalau boleh nambahin, biar sesi free practice 1,2,3 lebih gereget soalnya ngaruh buat nentuin masuk Q1 atau Q2. Kalau sebelumnya kan Sesi free practice hanya digunakan buat nyari settingan yang pas. Salam kenal..thankz dah berkunjung..

Mangga Komentar... Biar Cetar... :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s