Sejarah dan Versi Android

I Love Android
I Love Android

Teringat Samsung Galaxy Ace milik ane yang sekarang udah dijual, jadi pengen bahas Sejarah dan Versi Android. Gak lucu juga kan kalau misalnya kita punya hape Android, tapi pas ada yang nanya versi berapa kitanya gak tahu.

Soalnya ane juga kadang masih suka ketuker, apalagi biasanya di handphone hanya tertera nomor versinya, tanpa nama gituh. Bahkan ada yang sampe gak tahu kalau misalnya Android itu mempunyai beberapa  versi, tahunya Android doang. Ane bukan meledek ya, tapi cuman ingin berbagi aja, biar sama-sama tahu aja.

Apa sih sebenernya Android itu? Kata Om Wikipedia, Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak.

Sejarah Android dimulai ketika Perusahaan Android Inc. yang dipimpin oleh Andy Rubin dibeli oleh Google pada tahun 2005. Berlanjut pada tahun 2007 dimana Google akhirnya mengajukan hak paten atas Nexus One, salah satu smartphone Google dengan sistem operasi Android. Smartphone ini diproduksi oleh HTC Corporation dan tersedia di pasaran pada Januari 2010.

Nah, untuk yang masih bingung dengan nama dan versi Android yang identik dengan logo robot hijau, berikut beberapa macam versi Android dari yang pertama sampai yang terbaru :

Android versi 1.1

Android versi 1.1 ini dirilis pada 9 Maret 2009 dan tanpa embel-embel nama seperti versi Android berikutnya. Android versi 1.1 ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search(pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.

Android versi 1.5 (Cupcake)

Mulai versi 1.5 ini versi Android selalu diberi nama yang sampai sejauh ini berupa nama makanan atau hidangan penutup. Beberapa penambahan fitur disematkan pada versi ini seperti kemampuan merekam dan menonton video dalam modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari handphone, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem. Udah mulai nih, keliatan canggihnya Android dibanding sistem operasi lainnya.

Android versi 1.6 (Donut)

Versi 1.6 ini mempunyai kelebihan menampilkan hasil proses pencarian dengan lebih baik dan penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus; kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech (tidak tersedia pada semua ponsel; pengadaan resolusi VWGA.

Android versi 2.0/2.1 (Eclair)

Pada 3 Desember 2009 kembali diluncurkan ponsel Android dengan versi 2.0/2.1 (Eclair), perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.

Untuk bergerak cepat dalam persaingan perangkat generasi berikut, Google melakukan investasi dengan mengadakan kompetisi aplikasi mobile terbaik (killer apps – aplikasi unggulan). Kompetisi ini berhadiah $25,000 bagi setiap pengembang aplikasi terpilih. Kompetisi diadakan selama dua tahap yang tiap tahapnya dipilih 50 aplikasi terbaik.

Dengan semakin berkembangnya dan semakin bertambahnya jumlah handset Android, semakin banyak pihak ketiga yang berminat untuk menyalurkan aplikasi mereka kepada sistem operasi Android. Aplikasi terkenal yang diubah ke dalam sistem operasi Android adalah Shazam, Backgrounds, dan WeatherBug. Sistem operasi Android dalam situs Internet juga dianggap penting untuk menciptakan aplikasi Android asli, contohnya oleh MySpace dan Facebook.

Mulai nih bro dan sys semuanya para penyedia aplikasi melirik Android yang mereka fikir suatu saat akan berkembang pesat dan menjadi sistem operasi handphone yang paling banyak digunakan.

Android versi 2.2 (Froyo : Frozen Yoghurt)

Inilah sistem operasi yang tersemat pada handphone Android pertama yang ane miliki yang diluncurkan pada 20 Mei 2010. Seinget ane, dari sinilah para pecinta smartphone mulai melirik Android terlebih dengan fitur dukungan Adobe Flash 10.1, kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali lebih cepat, intergrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WiFi Hotspot portabel, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.

Android versi 2.3 (Gingerbread)

Aslinya versi ini dirilis pada 6 Desember 2010, tetapi ane baru bisa upgrade Galaxy Ace yang sekarang udah dijual dari sebelomnya versi Froyo ke Gingerbread pada sekitar akhir 2011, telat banget yah. Fitur baru pada versi ini adalah peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.

Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb)

Dirancang untuk berjalan pada tablet, Android versi ini mendukung layar dengan ukuran yang lebih besar.

Android versi 4.0 (ICS : Ice Cream Sandwich)

Dirilis pada 19 Oktober 2011 dan mulai dari versi ini handphone ane udah gak bisa upgrade lagi. Sedih sih tidak, tetapi penasaran aja, ingin nyoba fitur-fitur baru pada ICS ini. Apa aja fitur barunya? Pembuka kunci dengan pengenalan wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, terpadu kontak jaringan sosial, perangkat tambahan fotografi, mencari email secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC. Ponsel pertama yang menggunakan sistem operasi ini adalah Samsung Galaxy Nexus.

Android versi 4.1 (Jelly Bean)

Perkembangan Android semakin menjadi-jadi dengan lahirnya Jelly Bean. Pastinya lahirnya versi baru membawa fitur-fitur baru, apa aja yah? Diantaranya meningkatkan input keyboard, desain baru fitur pencarian, UI yang baru dan pencarian melalui Voice Search yang lebih cepat. Tak ketinggalan Google Now juga menjadi bagian yang diperbarui. Google Now memberikan informasi yang tepat pada waktu yang tepat pula. Salah satu kemampuannya adalah dapat mengetahui informasi cuaca, lalu-lintas, ataupun hasil pertandingan olahraga. Sistem operasi Android Jelly Bean 4.1 muncul pertama kali dalam produk tablet Asus, yakni Google Nexus 7.

Android versi 4.2 (Jelly Bean)

Merupakan versi Android terbaru dengan fitur photo sphere untuk panaroma, daydream sebagai screensaver, power control, lock screen widget, menjalankan banyak user (dalam tablet saja), widget terbaru. Android 4.2 Pertama kali dikenalkan melalui LG Google Nexus 4.

Itulah versi Android dari awal sampe yang terbaru bro dan sys semuanya. Kepanjangan gak? Hehe.. yang penting kan pengetahuannya nambah. Dan yang pasti gak bingung lagi kalau ada yang nanya Androidnya versi apa? Ada yang mau nambahin atau share tentang Android? Silahkan dishare di kolom komentar…

Sumber referensi : Wikipedia

Iklan

4 respons untuk ‘Sejarah dan Versi Android

  1. Papa Afnhy April 16, 2013 / 08:44

    pertamaxx 🙂
    saya pake samsung galaxy young versi ginger bread dan tablet lokal zyrex sm746 ics

    • kommotor April 17, 2013 / 07:29

      Selamat… 😛
      Sip lah..berarti udah expert nih Mazbro.. Salam kenal… 😉

    • kommotor April 17, 2013 / 07:33

      Ngetes ajah ni Pa Guru,,biasanya sih Froyo..alias 2.2, upgradable ke Gingerbread. maaf yah kalau jawabannya salah..jangan sampe gak lulus.. 😛

Mangga Komentar... Biar Cetar... :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s