Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector

Hardisk
Hardisk

Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector ini terinspirasi gara-gara ane mau beli hardisk baru. Nah hardisk lamanya mau dijual sama temen ane, cuman gak tahu mau dijual berapa.

Jadi, ane putuskan cek dulu kondisi hardisk sebelum menentukan harganya. Jadi inget deh, kenapa gak sekalian share Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector ?

Apaan sih bad sector itu? Bad sector adalah area yang rusak pada hardisk, intinya sih sebutan untuk kerusakan hardisk. Biasanya ada 2 penyebabnya.

Pertama, disebabkan oleh kerusakan fisik, yakni rusaknya plate hardisk yang biasanya disebabkan oleh terkena debu, terjatuh atau terjadi benturan yang sangat keras.

Yang kedua adalah kerusakan software biasanya terjadi karena listrik tiba-tiba mati, ataupun kebiasaan mematikan komputer tidak dengan shut-down alias maen pencet aja. Nah yang kedua inilah, yang kemungkinan besar masih bisa diperbaiki dengan menerapkan langkah-langkah di bawah ini.

Dan berikut Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector selengkapnya :

      • Silahkan download HD Tune Pro, versi trial sih, kan kalau udah di cek tinggal uninstal lagi aja. Soalnya software kayak gini sifatnya insidental. Gunanya adalah untuk nge-cek kondisi hardisk, apakah ada bad sector atau gak. Silahkan download, search di Google dengan keyword : ‘download HD Tune’. Ane gak cantumin link, soalnya ini bukan free software, tetapi versi trial sih.
      • Setelah berhasil download dan sudah terinstall, silahkan buka aplikasi HD Tune, dan klik tab ‘Error Scan’. Tunggu sampe proses selesai, yakni sampe tiap kotak kecil ada indikator warnanya. Lumayan sih, punya ane yang 250 GB doang, buth waktu sekitar 45 menit.
Hasil Cek Hardisk
Hasil Cek Hardisk
      • Nah, kalau warna di kotak kecilnya, hijau semua, berarti hardisk kita aman alias ‘ok’. Dan bro sys semuanya gak usah lanjut ke langkah selanjutnya karena hardisk bro sys gak ada bad sectornya.
      • Sebaliknya kalau ada yang tanda merah atau kotak kecil berwarna merah, berarti hardisk bro sys damage alias bad sector dan harus lanjutin langkah selanjutnya dan lanjutin bacanya.. 😉
      • Ada beberapa cara untuk memperbaiki bad sector ini, ane pilih metode paling mudah aja deh, yakni menggunakan HDD Regenerator.
      • Silahkan search di Google dengan keyword : ‘download HDD Regenerator’, kemudian pilih yang free.
      • Buka aplikasi HDD Regenerator dan klik repaired seperti gambar di bawah ini.
HDD regenerator-langkah 1
HDD regenerator-langkah 1
      • Jika ada pilihan klik Ok dan Ok lagi ajah.
      • Klik hardisk yang ingin diperbaiki dan klik Start Process.
HDD Regenerator-Start Processe
HDD Regenerator-Start Processe
      • Pilih Scan and Repair dengan mengetik tombol angka 1 dan kemudian ketik angka 0 (nol) yang artinya scanning keseluruhan dan dari awal.
HDD Regenerator-Ketik Angka 1
HDD Regenerator-Ketik Angka 1
      • Tunggu sampe selesai, sekitar 1 sampai 3 jam tergantung besarnya kapasitas hardisk dan jumlah bad sector nya, kalau bisa sih komputer didiemin selama proses scaning, biar lebih perfect gituh.
      • Dan kalau udah selesai ada tulisan warna hijau PROCESS COMPLETED, itu artinya udah selesai. Disituh ada keterangan silahkan dipilih sesuai kebutuhan, yang jelas proses repair dah beres.
Hasil HDD Regenerator
Hasil HDD Regenerator

Semoga saja dengan langkah-langkah di atas, hardisk bro dan sys semuanya sehat kembali dan terhindar dari penyakit ‘Bad Sector’. Dan yang pasti pemilik hardisk pun kembali ceria dan semangat lagi… 😉

Iklan

2 respons untuk ‘Cara Memperbaiki Hardisk Bad Sector

  1. zakmi Juni 30, 2016 / 04:45

    gan datanya nanti hilang gak ya?

Mangga Komentar... Biar Cetar... :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s