Kudunyahoo.com Digugat Yahoo

kudunyahoo
kudunyahoo

Kabar terbaru dan masih hangat Kudunyahoo.com Digugat Yahoo. Koq bisa? Kenapa? Katanya Yahoo inc. menilai ada kemiripan antara yahoo.com dengan kudunyahoo.com.

Perseteruan ini bermula ketika Yahoo inc melalui kuasa hukumnya Daru Lukiantono/Primastuti Purnamasari, mengirimkan surat peringatan kepada pemilik kudunyahoo.com, Hady Hidayat.

Surat peringatannya gak maen-maen bro sys, Yahoo inc meminta agar Hady Hidayat mengganti nama situs sebelum 30 September 2013. Selain itu juga harus mengganti kata atau ungkapan ‘kudunyahoo’ yang tertulis dalam situs tersebut.

Menurut pihak Yahoo, semua kata yang mempunyai kemiripan dengan merk dagang ‘Yahoo’, itu tidak boleh digunakan.

Sementara Hady Hidayat menyebutkan bahwa penamaan ‘kudunyahoo’ berasal dari bahasa Sunda, yang berarti harus tahu. Intinya sih artinya wajib tahu gitu lah artinyah.

Hady Hidayat juga mengaku tidak ada maksud untuk menyamai atau membuat mirip dengan Yahoo. Hady hanya ingin memperkenalkan bahasa Sunda kepada khalayak Indonesia dan dunia.

Waduh.. ane sebagai orang Sunda bingung juga nih. Disatu sisi ane bangga karena ‘kudunyahoo’ yang merupakan bahasa Sunda bisa terkenal seperti sekarang ini.

Disisi lain ane prihatin, apabila nanti terbukti Hady Hidayat memang sengaja merangkai kata ‘kudunyahoo’ itu agar mirip dengan Yahoo.

Respon di sosmed (baca : social media) pun berbeda-beda dengan mayoritas mendukung kudnyahoo.com dan menghujat Yahoo. Mereka yang mendukung umumnya menganggap Hady Hidayat tidak berniat membuat mirip kudunyahoo dengan Yahoo.

Kalau ane sih ada satu pertanyaan yang mengganjal terkait kasus ini. Kalau memang sang pemilik situs berniat memperkenalkan bahasa Sunda tanpa ‘dompleng’ Yahoo, kenapa huruf ‘o’ pada kudunyahoo.com ada 2?

Harusnya berdasarkan tulisan bahasa Sunda yang benar, website itu harusnya kudunyaho.com bukan kudunyahoo.com. Entahlah, yang jelas pada saat tulisan ini dimuat, website kudunyahoo.com tidak bisa dibuka alias error.

Gimana pendapat bro sys semuanya mengenai perselisihan antara ‘kudunyaho’ VS Yahoo ini? Silahka di share di kolom komentar…

 

Iklan

4 respons untuk ‘Kudunyahoo.com Digugat Yahoo

  1. s0erya September 26, 2013 / 18:44

    yinggal ganti aja kan?

    • kommotor September 26, 2013 / 19:04

      Tinggal ganti aja maksudnyah mazbro?
      Gak semudah itu mazbro.. Belom ngurusin redirect link…
      Ganti domain itu biaya lagi Mazbro,,, sama aja beli doamin baru…
      Semoga ada win-win solution.. 😉

  2. yugi September 26, 2013 / 19:55

    Mending ganti aja seperti bahasa sundanya : kudunyaho bukan yg dobel o. Kalo dobel o pasti lain arti di bahasa sundanya kan? Ok, Biaya domain baru, daripada tetep kena biaya domain baru ditambah hukuman perdata jika kalah di pengadilan

    • kommotor September 26, 2013 / 20:37

      Masuk akal juga bro Yugi. Ini bisa jadi win-win solution. Apalagi kalau biaya domain baru + hosting ditanggung pihak Yahoo, cakep banget dah..
      Semoga komen bro Yugi dibaca oleh Hady Hidayat… 😉

Mangga Komentar... Biar Cetar... :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s