Sudut Kemiringan Motor Saat Belok

Sudut Kemiringan Pembalap MotoGP
Sudut Kemiringan Pembalap MotoGP

Sudut Kemiringan Motor Saat Belok pastinya beda-beda, tergantung dari jenis motor dan yang bawa motor itu sendiri pastinya.

Tetapi ternyata dengan canggihnya teknologi, sudut kemiringan motor ketika berbelok pun bisa diukur dan dikelompokkan menjadi beberapa kelompok.

Kategori motor-berdasar sudut kemiringan maksimal
Kategori motor-berdasar sudut kemiringan maksimal

Ane tahunya pas nonton Highlights MotoGP tadi, jadi kepikiran share disini. Ternyata sumbernya dari MotoGP.com bro sys. Asumsinya 0 derajat adalah pada saat motor sedang tegak.

Langsung aja deh, berikut kelompoknya berdasarkan sudut kemiringan motor saat belok :

  • Sudut kemiringan maksimal 40 derajat (Scooter/Skuter)
    Motor yang masuk golongan ini misalnya motor matic dan vespa, cuman ane masioh bingung motor bebek masuk sini gak yah. Sepengetahuan ane sih bebek bisa lebih miring sedikit dari 40 derajat contohnya pada saat ajang Indoprix.
    Nah.. motor dengan kategori scooter, maksimal bisa miring saat belok sekitar 40 derajat, maksa lebih dari itu? Ane gak tanggung jawab yah… 😀
  • Sudut kemiringan maksimal 50 derajat (Street Bike)
    Motor yang masuk kategori ini adalah bisa disebut motor batangan antara 150cc-500cc. Motor di kategori ini bisa belok maksimal dengan sudut kemiringan 50 derajat. Contoh yang masuk di kategori ini : Honda CB150R, Yamaha New Vixion, Ninja RR, Ninja 250FI dan lain-lain.
    Inget yah, sebisa mungkin jangan miring lebih dari 50 derajat.
  • Sudut kemiringan maksimal 55 derajat (Super Sport)
    Yang masuk kategori Super Sport misalnya Honda CBR 600RR, Kawasaki ZX-6R dan Yamaha R6. Motor-motor tersebut bisa rebahan sampe sekitar 55 derajat bro sys, udah mulai ngeri plus ngilu nih kalau dipraktekin. 😀
  • Sudut kemiringan maksimal 61 derajat (Super Bike)
    Yang masuk kategori ini misalnya : Ducati Panigale, BMW S1000RR, Kawasaki ZX-10R, Yamaha R1. Nah dengan motor-motor ini bro sys bisa rebahan maksimal 61 derajat. Udah mulai luntur nih nyali kalau harus mereng-mereng sampe segituh.
  • Sudut kemiringan maksimal 64 derajat (MotoGP)
    Ini dia nih kategori rajanya miring-miring alias rebahan. Beuh… sampe 64 derajat miringnya, udah kaya mau ciuman sama aspal aja. Nyali ane udah bener-bener ilang kayaknya kalau harus belok sampe segituh. Yang masuk kategori ini adalah motor prototype MotoGP seperti Honda RC213V, Yamaha M1 dan Ducati Desmosedici.

Dan satu lagi fakta dari MotoGP adalah dengan sudut kemiringan 64 derajat tersebut, bagian ban yang nempel ke aspal di roda depan dan belakang hanya seukuran kartu kredit. Beuh.. kalau ban sembarangan mah, udah terbang kali yah tuh motor.

Ban yang nempel ke aspal sebesar kartu kredit
Ban yang nempel ke aspal sebesar kartu kredit

Yang pengen lihat videonya silahkan puter video di bawah ini, Check This Out…!!

Gimana bro sys? Ada yang seneng nikung dan rebahan alias miring-miring? Boleh di share kira-kira masuk kategori mana?

Iklan

4 respons untuk ‘Sudut Kemiringan Motor Saat Belok

  1. tukang komen Oktober 6, 2013 / 20:31

    wow 64 derajat. Semua berkat ban gambot bentuk donat + TC + nyali rider.

    nitip video gan.

    casey stoner tes ride honda production racer:

    trailer honda nsx gt

    iklan kreatif honda

    • kommotor Oktober 6, 2013 / 21:31

      Waduh.. kenapa yah? Baru tahu soalnya, nanti ganti tema deh.
      Thankz dah ngase tahu…

Mangga Komentar... Biar Cetar... :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s