Jumlah Lap MotoGP Philip Island Dikurangi Serta Ada Pit Stop

Race Direction
Race Direction

Bro sys sekalian… Ada kabar baru nih, ternyata jumlah lap MotoGP dan Moto2 di Philip Island dikurangi loh. Alasannya setelah dilakukan investigasi oleh pihak penyedia ban yang dalam hal ini Bridgestone (MotoGP) dan Dunlop (Moto2), maka pihak penyedia ban menyatakan ketidak sanggupannya untuk menggelar full race seperti tahun sebelumnya.

Wih, ternyata permukaan aspal baru justru membuat pihak pemasok ban ngeper dan tidak bisa menjamin keamanan para pembalapnya jika melewati batas lap tertentu.

Pemasok ban Moto2 yakni Dunlop hanya sanggup memberikan jaminan 13 lap. Maka dari itu pihak race direction menyatakan untuk mengurangi jumlah lap race Moto2 Philip Island dari 25 lap menjadi 13 lap.

Selanjutnya pihak pemasok ban MotoGp, yaitu Bridgestone juga hanya sanggup menjamin ban belakang slick mampu bertahan selama 14 lap. Maka dari itu pihak Race Direction MotoGP memangkas jumlah lap dari 27 menjadi 26 lap serta adanya sistem pit stop.

Cuman pit stop MotoGP bukan seperti F1 yang hanya mengganti komponen tertentu dalam beberapa detik saja. Tetapi di MotoGP tentu akan memakan waktu yang lumayan lama, jadi kalau di MotoGP akan sekaligus untuk mengganti motor yang baru.

Berikut keputusan race director terkait MotoGP Philip Island :

  1. Jumlah lap berkurang dari 27 lap menjadi 26 lap
  2. Setiap pembalap diminta untuk masuk pit dan mengganti ke mesin kedua dengan ban baru setidaknya sekali selama race
  3. Pembalap tidak diizinkan untuk membalap lebih dari 14 lap dengan menggunakan satu ban belakang slick. Artinya motor atau ban yang diganti sebelum lap ke-12 harus melakukan 2 kali pit stop.
  4. Pembalap pabrikan atau satelite harus menggunakan ban tipe hard  (B51DR). Tambahan jumlah ban akan dialokasikan oleh pihak Bridgestone.
  5. Pembalap CRT diwajibkan menggunakan ban tipe hard (B50DR). Tambahan jumlah ban akan dialokasikan oleh pihak Bridgestone.
  6. Batas kecepatan di zona speed line akan diperpanjang baik saat masuk maupun keluar pit dan rute keluar pit untuk kembali ke track akan ditandai dengan garis putih di run off area. Melintasi garis ini saat masuk ke track  akan kena penalti.

Wiiihhhh… tambah rame aja nih kayaknya race besok. Jadi selain setingan plus skill harus mumpuni, juga harus cerdas memainkan strategi kapan harus pit stop. Bukan tidak mungkin kesalahan pengambilan keputusan saat pit stop atau lambatnya crew menyediakan motor ke-2 akan berakibat fatal bagi posisi pembalapnya.

Yang jelas sih mengganggu konsentrasi pembalap bro sys sekalian. Orang biasanya tinggal gas pol dan gak mikirin hal lainnya, eh… sekarang harus mikirin soal pit stop. Kenapa gak dipangkas aja jumlah lap nya jadi 14 lap saja kalau gituh?

Gimana bro sys? Pada setuju gak nih sama race direction yang nerapin sistem pit stop? Atau lebih setuju jika jumlah lapnya aja yang dipangkas menjadi 14 lap? Atau ada pendapat lain? Silahkan di share di kolom komentar… 😉

Iklan

11 respons untuk ‘Jumlah Lap MotoGP Philip Island Dikurangi Serta Ada Pit Stop

    • KomMotor Oktober 19, 2013 / 21:39

      Wohh..setajam apa mazbro???

  1. Komalader Oktober 19, 2013 / 21:53

    Trus trus soal regulasi bensin gmana om kalo ganti motor apa bensin boleh full lagi. Trus trus gmana om kalo misalkan udah masuk pitstop dan ganti motor eh pas lagi race turun hujan apa boleh ganti motor lagi yg pake ban basah atau race diberentiin om

    • KomMotor Oktober 20, 2013 / 06:24

      Buat yang tahu pasti silahkan di jawab yah. Ane jawab setahu ane, begini Mazbro,, masalah bensin (bahan bakar) mana ada tim yang mau full, malahan nambah berat bobot motor. Yang ada kapasitas bahan bakar dibikin maksimal biar enteng ngoreknya. Nah kalau turun hujan, wajib genti motor yang pake ban hujan, itu mah kan regulasi tetap, gak mempengaruhi regulasi di atas, CMIIW…. 😉

      • Komalader Oktober 20, 2013 / 09:09

        He he sip deh om nonton yah om seru nih pastinya bikin geregetan asal jgn ada yg ndlosoor aja

        • KomMotor Oktober 20, 2013 / 11:12

          Yoi gan.. tapi tadi di Moto2 lumayan banyak yang Ndlosoor juga yah..
          Jadi ngeri euy,,,

  2. pucuq Oktober 19, 2013 / 22:04

    Kayane lewih seru

Mangga Komentar... Biar Cetar... :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s