Rating Tim Pabrikan MotoGP 2013

Rating Tim Pabrikan MotoGP 2013 ini aslinya dibikin oleh Motomatters dengan editor David Emmett. Intinya nilai peserta tim pabrikan MotoGP 2013 yang berjumlah 3 ekor, yakni Honda, Yamaha dan Ducati.

Kira-kira siapa yah yang dapet nilai paling tinggi? Apakah Honda yang berhasil mengantarkan Marquez menjadi juara dunia? Ataukah Yamaha yang masih mampu menandingi Honda dengan sama-sama mengoleksi 9 kemenangan di musim 2013 kemaren? Siapin kopi, cemilan dan rokok (khusus buat para smokers) biar asik bacanya. 😀

Nah, Motomatters memakai sistem penilaian dari 1 sampai 10 saja bro sys. Dan berikut Rating Tim Pabrikan MotoGP 2013 selengkapnya :

1. HONDA

Dani Pedrosa-Marquez
Honda RC213V

Motomatters menempatkan Honda di urutan pertama dengan rating 10 dari nilai maksimal 10. Juara konstruktor di akhir musim menjadi bukti sahih keperkasaan RC213V dalam mendominasi MotoGP musim 2013. Meskipun jumlah kemenangan sama dengan Yamaha, yakni 9 kemenangan, tetapi terpasangnya SSG sejak 2011 menjadi nilai plus tersendiri dibanding dengan Yamaha yang mulai pasang SSG baru di seri Misano.

Honda seolah-olah menutup kekurangannya dari YZR-M1 dizaman dulu dan terus menggali potensinya sehingga menjadi digdaya di tahun 2013 ini. Meskipun begituh ane agak kurang setuju dengan nilai 10 ini, kenapa? Nilai 10 dari maksimal 10 itu kan berarti sempurna, padahal di dunia ini tidak ada yang sempurna kan bro sys?

Kalau KomMotor sih ngasih rating 9 saja ah buat Honda. Pengurangan 1 point salah satunya adalah penempatan sensor traction control yang kurang safety di RC213V Pedrosa yang pada saat kesenggol di Aragon oleh Marquez bikin Pedrosa jumpalitan. Berarti kan tuh motor gak perfect banget gituh, alias masih ada kekurangan. Tetapi secara keseluruhan ane sangat setuju jika Honda di tahun 2013 kemaren dapet rating yang paling tinggi.

2. YAMAHA

Rossi dan Lorenzo dan SSG
Yamaha YZR-M1

Yamaha menempati peringkat kedua dengan rating 8 point. Tidak terpasangnya SSG sejak seri awal membuat Lorenzo dan Rossi kesulitan mengejar para rider Honda di sirkuit yang bertipe stop and go. Lihat saja para Rider Yamaha ini diasepin di Austin, Sachsenring, Laguna Seca dan Austin yang kesemuanya bertipe stop and go dan membutuhkan SSG.

Begituh pun isue rem yang kurang mumpuni yang beberapa seri terakhir mencuat kepermukaan semakin mempertegas bahwa untuk tahun 2013 memang YZR-M1 sedikit di bawah bayang-bayang RC213V. Terlihat juga di race cuman Lorenzo yang mampu berduel dengan Marquez dan Pedrosa, sementara Rossi seringnya nonton di posisi ke-4.

Bahkan kalau kata Mbah Dukun Indobikermags, Lorenzo bisa nambah power Yamaha, yang artinya skill Lorenzo lah yang lebih dominan dalam meraih kemenangan. Jadi, ane juga setuju kalau YZR-M1 di tahun 2013 kemaren dapet rating 8, meskipun mencetak jumlah kemenangan yang sama dengan RC213V.

3. DUCATI

Ducati
Ducati Desmosedici

Semenjak ditinggal Casey Stoner di penghujung tahun 2010 prestasi Ducati benar-benar anjlok dan belum pernah meraih kemenangan lagi sampai saat ini. Wajarlah kalau Motomatters cuman ngasih rating 5 alias raport merah :mrgreen:

Bagaimana raport gak merah? Tahun 2013 ini tidak ada satu pembalap Ducati pun yang meraih podium, bahkan podium 3 sekalipun. Isue understeering dan kurangnya feeling pada front end pada Ducati Desmosedici sudah menjadi rahasia umum. Pun begitu di tahun 2013 isue tersebut masih menghantui para rider Ducati.

Benhard Gobmeier yang bertugas menyembuhkan pun tidak sanggup dan memilih hengkang di akhir musim. Sungguh benar-benar kronis keadaan Ducati di MotoGP, soalnya selain mesin yang bermasalah, kabarnya manajemen internal pun berantakkan. Gobmeier yang orang Jerman, kabarnya tidak dapat dukungan penuh dari para insinyur Italia.

Dan untuk Ducati ini, KomMotor juga setuju dan dengan berat hati memberikan rating 5 untuk Ducati. Maaf yah Ducati, aslinya sih ane gak tega ngasih rating segituh, tapi yah mau gimana lagi. Semoga kedatangan Gigi D’llagna bisa merubah segala permasalahan di kubu Ducati, baik itu permalahan mesin ataupun permasalan manjemen.

Itu dia bro sys, rating 3 tim pabrikan MotoGP 2013, semoga tidak keriting bacanya :mrgreen: . Dan bagi bro sys yang kurang setuju atau ada pendapat lain, silahkan di share di kolom komentar…

Iklan

10 respons untuk ‘Rating Tim Pabrikan MotoGP 2013

    • KomMotor Januari 27, 2014 / 18:31

      Tq dah mampir mazbro… 😉

      • Mas Wiro Januari 27, 2014 / 18:38

        Enggeh masbro…
        #eehh Îчα masbro 🙂

        • KomMotor Januari 27, 2014 / 19:01

          Enggeh..
          Matur suwon.. 😀

  1. Anak Rant0 Januari 31, 2014 / 13:16

    Kalo w kasih nilai Honda 9,5 Yamaha 9 coz kedua motor ini bnr2 seimbang, yg bedain cuma pebalap’a.

    • KomMotor Januari 31, 2014 / 13:18

      Boleh-boleh.. kalau buat yang nulis kasih nilai berapa nih? 😀

  2. Anak Rant0 Februari 3, 2014 / 16:08

    Bwt yg nulis kebagian terima kasih ajah……..

Mangga Komentar... Biar Cetar... :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s