Waktu Yang Tepat Ganti Air Radiator Pada Ninja RR

Radiator Hejo_Bersih Banget
Radiator Hejo_Bersih Banget 😀

Pengalaman ane pertama punya Hejo yang notabene pake radiator, bener-bener gak tahu menahu soal air radiator alias water coolant. Padahal air radiator tidak kalah penting perannya dalam kelangsungan hidup motor ane. Untungnya ane dulu ketemu sebuah postingan yang lupa ane baca dimana yang membahas tentang pentingnya air radiator ini.

Fungsi air radiator ini pada intinya menjaga suhu mesin motor agar selalu stabil, tidak panas dan bahkan overheat. Kasus overheat kalau jalanan macet sering ane denger dari para penunggang Ninja RR. Bahkan saking overheatnya mesin motor bisa mati dan kita harus nunggu beberapa saat agar tuh motor hidup lagi (pengalaman pribadi). 😦

Gak mau kan mesin motor overheat atau bisa juga karatan gara-gara kita lupa ganti air radiator? Amit-amit yah bro sys, tapi kalau udah kejadian, segera pinggirkan motor dan tunggu sekitar 5-15 menit, biasanya tuh motor udah bisa idup lagi. Jangan lupa maenkan hape untuk sekedar smsan atau telponan, jangan sampe ketahuan orang kalau RR bro sys sedang mogok. 😆

Nah, Waktu Yang Tepat Ganti Air Radiator Pada Ninja RR ini ane dapet dari mekanik langganan ane yang notabene mekanik yang udah pengalaman di beres Kawasaki. Yang bikin ane bingung kadang anjurannya ada yang bertentangan dengan buku panduan, kalau udah gini pastinya ane ngikut tuh mekanik daripada buku pedoman, soalnya tuh mekanik negasih solusi berdasarkan pengalaman. (tahu dong pepatah yang mengatakan bahwa pengalaman adalah guru yang terbaik?)

Menurut mekanik beres Kawasaki tersebut Waktu Yang Tepat Ganti Air Radiator Pada Ninja RR adalah setiap 10.000 km atau jangka waktu satu tahun. Kurang atau lebih sedikit cincai lah, gak usah tepat waktu banget, tapi intinyah yah sekitar segituan dah pokoknya.

Air radiator-Magnum
Air radiator-Magnum

Terus air radiatornya pake apaan? Rekomendasi dari mekanik tersebut adalah Top1, Yamalube dan terakhir Magnum. Untuk Magnum biasanya beres Kawasaki pada nyetok nih air radiator. Ane sih lebih milih Magnum aja deh, selain pas dikantong, kualitasnya juga udah teruji (teruji pada tahun pertama ane pake RR).

Semoga mesin motor bro sys sekalian selalu adem dan tidak sampe overheating. Dan jangan lupa untuk mengganti air radiator sesuai dengan kebutuhan motor masing-masing. Ada yang punya pengalaman lain? Silahkan di share di kolom komentar…

Iklan

18 respons untuk ‘Waktu Yang Tepat Ganti Air Radiator Pada Ninja RR

  1. aripitstop Januari 31, 2014 / 15:38

    kalo pakai yamacoolant gimana …

    • KomMotor Januari 31, 2014 / 16:41

      luamayan gan.. pernah pake yg buat MX

    • KomMotor Januari 31, 2014 / 18:31

      Ganti motor? Hadeuh.. masih lama deh sepertinyah..
      Ane udah jatuh hati sama ini motor.. 😀

      • mhdharis Januari 31, 2014 / 18:33

        haha kalau gak ganti motor, ya beli satu lagi gan 😀

        • KomMotor Januari 31, 2014 / 18:35

          Amin deh.. pengen sih beli matic, tapi belom nemu rizkinya.. 😀

    • KomMotor Januari 31, 2014 / 18:32

      Sama dong.. 10rb km.. 😉

  2. MotoZhein Januari 31, 2014 / 20:11

    dibawah 10rb juga teu nanaon meureun.

    • KomMotor Januari 31, 2014 / 21:41

      Teu naon-naon gan.. asal ulah leuwih jauh weh..

  3. strider009 Februari 1, 2014 / 00:56

    Kalo menurut om, yg mana yg lebih adem? Ymc apa magnum?

    *lagi penasaran cari coolent yg bgus bt motor, pernah pk top1, jumbo tp trnyta suram -_-, mlh gnti seal pompa radiator…

    • KomMotor Februari 1, 2014 / 10:23

      YMC tuh yang dari yamaha yah??

  4. 46@sukses.com Februari 3, 2014 / 23:43

    Nyimak.

      • budakrangkas Juni 11, 2015 / 21:02

        Lur, lamun kase epan cai radiator trs sampe mogok, eta efekna kmha nya.? Soalna tadi motor ane mogok euy.. 😀

  5. robby hermawan November 30, 2014 / 22:51

    klo saya kang baru pertama kali punya ninja rr< klo mau abis air radiator nya gmna ya cara melihat nya

  6. ale rasha Maret 2, 2016 / 22:53

    Kawasaki ninja 150rr ane air radiator nya pernah kluar banyak bahkan smp mengeluarksn asap pas kodisi mesin panas , nah pas ane cek air radiator nya kosong gitu yaaa udh ane langsung beli air radiator stlah itu motor nyala lg . pertanyaan nya klo udh kjadian kaya gitu berpengaruh k mesin ga ?

  7. egga Maret 7, 2016 / 23:48

    Mantaaaaap

Mangga Komentar... Biar Cetar... :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s