Pasang Knalpot DBS Di Ninja 150RR

Knalpot DBS
Knalpot DBS

Pemirsah semuanya, sebelumnya ane tegaskan kalau tulisan ane kali ini tidak ada maksud untuk menggurui, hanya mau share aja buat yang ngalamin hal serupa kaya ane, yaitu pengen pasang knalpot racing di Ninja 150RR. Buat para suhu Ninja sa-alam dunya, mohon bimbingan dan koreksinya kalau ada kesalahan yang menyesatkan pada tulisan ini. :mrgreen:

Okey, ane sebagai newbie jujur aja puyeng ketika ada keinginan untuk pakai knalpot racing, bingung pake merk apa dan bingung pasang serta setting dimana. Untuk cerita sebelumnya buat yang mau baca, silahkan di tengok Knalpot DBS Original Thailand, Belinya Dimana??? dan Akhirnya Nemu Juga Knalpot DBS Original Thailand.

Hal yang pertama harus dilakukan ketika mau pasang knalpot racing di Ninja RR dan Ninja 2 tak lainnya adalah Jetting Karbu, biasanya pilot jet dan main jet dinaikkan 1-2 step, Itu juga ane tahu dari blog nya Mas Hourex 150L. Nah, karena motor Masbro Hourex aka Mulyanto adalah Ninja L (CMIIW), tentu ukuran pilot jet dan main jet nya juga berbeda.

Untungnya ketika ane baca kolom komentarnya, ada juga tuh pembahasan Ninja RR, jadinya ane gak usah nanya lagi.

Setingan Pilot Jet dan Main Jet Ninja RR
Setingan Pilot Jet dan Main Jet Ninja RR

Kalau kurang jelas, ane kutip deh wasiat suhu Ninja yang satu ini : “standardnya RR PJ 27,5 dan MJ 260 jadi klo dah ganti Knalpot minimal PJ naikin 1step(2,5 ) jadi 30 atau untuk knalpot tertentu(topspeed) MJ juga minta naik (270 berrti naik 2step)
jadi kalo brrebet diiawal biasanya pemanasan mesinnya saja yang kurang maximal..maklum mesin ninja adalah 2T liquid cooler..
Kalo di bawah 27,5(PJ) dan 260(MJ) berarti terlalu irit (bisa membahayakan mesin Mas) apalagi sudah ganti knalpot racing..”

Nah, jadi ane menafsirkan alangkah lebih baiknya ketika Ninja RR hendak genti knalpot racing, angka sakti yang pertama jadiin referensi adalah PJ dinaikkan dari 27,5 menjadi 30 sedangkan MJ dari 260 menjadi 270. Meskipun setingan ini tidak baku, tergantung jenis knalpotnya juga, gak ada salahnya ini dijadikan patokan awal, namanya juga newbie ane mah.

Angka PJ dan MJ udah dikantongin, saatnya hunting nih. Dan Alhamdulillah di Cirebon ini tidak terlalu sulit juga nyari PJ 30 dan MJ 270 untuk Ninja RR ini. Pas udah dapet, ane lupa harga satuannya :mrgreen: yang jelas totalnya Rp 50 ribu pemirsah. Langsung deh cabut menuju bengkel Bapo Concept yang juga langganan Om Yudi Batang di daerah Plumbon Cirebon.

Dan ternyata sampe bengkel, Om Bapo yang notabene udah sangat berpengalaman di bidang ‘ngorek’ motor, membenarkan bahwa pada umumnya ukuran PJ dan MJ yang ane bawa udah sesuai.

Diperiksa Sama Om Bapo
Diperiksa Sama Om Bapo

Om Bapo pun langsung mengeksekusi pemasangan knalpot DBS Galvanis Jigsaw untuk dicangkokkan ke Ninja RR milik ane. Gak lebih dari sepuluh menitan,setelah setting sana-sini akhirnya tuh knalpot udah terpasang dengan rapi di motor ane.

Sayangnya semua foto yang udah ane ambil hilang semua dikarenakan hapenya udah dijual dan pas mau dijual ane flash tuh hape. Jadi mohon maaf, fotonya seadanya yah, untungnya file videonya sempet ane backup di komputer.

Dan Alhamdulillah,,, treng.. treng… treng… suara merdu dari knalpot baru pun menghiasi setiap perjalanan ane sekarang. Tidak ada gejala berebet, semoga ini pertanda kalau settingan udah pass. Power juga tambah ngisi di putaran bawah dan nonjok banget kalau Skips udah kebuka di putaran atas. Makasih buat Masbro Hourex atas ilmunya, bermanfaat banget buat newbie seperti ane.

Terakhir, semoga pengalaman yang ane share bisa berguna buat pemirsah yang juga ngalamin hal serupa. Kalau ada kekurangan mohon koreksinya, silahkan di kolom komentar, tapi jangan galak-galak yah. Buat pemirsah yang ingin lihat videonya, silahkan buffering yah…

Iklan

29 respons untuk ‘Pasang Knalpot DBS Di Ninja 150RR

  1. ninja150ss Maret 1, 2014 / 09:27

    kang,,,tk bbm koq pending knp???
    meh tny2 snalpot ki,,,hasemmm ngileerrr…

  2. Yoshi Maret 1, 2014 / 09:42

    keren ajib
    :jempol:

    • KomMotor Maret 4, 2014 / 21:31

      Wkwkwkk.. ane salah sambung nih, kalau yang ini mah kalau bro ferboes udah punya RR pasti ngerti.
      Ane fikir ini masih komen di judul yang IBK tadi.. :mrgreen:

      • Ferboes Richardson Maret 4, 2014 / 21:33

        Hahahaa… salah masuk sangkar. Btw, burungnya dah ada sangkarnya belum? :mrgreen:
        *makin nyasar nih

        • KomMotor Maret 4, 2014 / 21:34

          Udah gan,,
          Tapi yah kalau ada sangkar baru boleh juga..
          Kan sangkarnya boleh 2,3 atau 4
          Asal bisa adil.. :mrgreen:

  3. galih Maret 22, 2014 / 20:32

    salah tuh si mulyanto pj mj std ninja rr 22,5 dan 270 .. ente naikin jadi pj 30 berarti naik 3 step ….

    • KomMotor Maret 22, 2014 / 20:37

      Woh.. tapi ane PJ dinaikkin segituh udah enak banget gan.
      Asli jambakannya tambah sadis gan.. suara knalpot juga berdenging bikin hati gemeteran dan gak pengen turun dari motor… 😀

      • galih Maret 23, 2014 / 07:01

        jelas gurih gan karena AFR sesuai dengan permintaan mesin di tambah knalpot free flow makin joss deh … oh iya sedikit correct kalo bisa di sunting aja artikel nya gan tentang pj mj standar ninja itu salah yg benar kalo itu pj 22,5 dan mj 270 .. salam 2stroke (y)

  4. irwan April 1, 2014 / 11:20

    Keren gann..
    Oh ya bgtu gnti PJ & MJ boros ga gan konsumsi bbmnya?

    • KomMotor April 1, 2014 / 12:47

      Lumayan boros euy.. hahaha.. nanti Insya Allah ane bikin artikelnya..

  5. shidqi (@apshidqi) Agustus 31, 2014 / 19:07

    Pj Mj apa yah? aku bingung maaf masih awam ninja rr nya baru dateng bulan kemarin

    • KomMotor Desember 17, 2014 / 06:45

      Kan ada penjelasannya di artikel.. 😀

  6. Abenkz Desember 27, 2015 / 19:28

    Bang itu karbu bawaan (mikuni vm28) apa udah ganti karbunya? Masalahnya knalpotnya samaan sama yang ane beli hehe

  7. falah Januari 22, 2016 / 15:37

    Bis ninja rr saya pakai knalpot creampie model C, trus ganti pj 30 mj 270, tp kok di rpm atas kyk nahan gitu, beda sama pakai knalpot standard. Apa mj nya buat standard aja jadi 260? Thanks

  8. Aldi rizki April 20, 2016 / 06:58

    Suara knalpot saya cempreng bgt-_-motor ninja r. Knalpot bikinan langsung paket dri jogja. Sebelumnya pke knalpot standar dan sebelum pke knalpot standar ya pake knalpot bikinan itu ga cempreng. Eh skrg pas gnti knalpot bikinan lagi malah cempreng-_- kenapa tuh ya? Ada yg salah dimana nya? Tolong info nya bos. Pj mj nya masih standar

Mangga Komentar... Biar Cetar... :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s