Mengintip Peluang Aleix Espargaro Di MotoGP 2014

Aleix Espargaro-Juara CRT MotoGP 2012 dan 2013
Aleix Espargaro-Juara CRT MotoGP 2012 dan 2013

Pemirsah semuanya di edisi ‘mengintip’ ini sebelumnya kita udah Mengintip Peluang Rossi di MotoGP 2014, sekarang saatnya kita Mengintip Peluang Aleix Espargaro Di MotoGP 2014. Siapa sih Aleix Espargaro ini sehingga perlu kita intip?

Aleix Espargaro adalah pembalap kelahiran Spanyol 30 Juli 1989, berarti usianya hampir 25 tahun. Pertama turun di kelas 125cc pada tahun 2004, kelas 250cc pada tahun 2007 dan naik ke kelas para raja pada tahun 2009. Prestasinya biasa-biasa saja selalu berada di luar 10 besar klasemen akhir di tiap kelas.

Yang bikin Aleix lumayan menanjak popularitasnya adalah perhelatan MotoGP tahun 2012, dimana kategori CRT mulai dilombakan. Meskipun Aleix hanya bertengger di posisi 12, tetapi dia merupakan pembalap CRT dengan point tertinggi dan berhak menggondol gelar juara dunia kategori CRT.

Kembali di tahun berikutnya Aleix menjadi juara kategori CRT, tapi pada tahun 2013 kemaren Aleix terlihat semakin cepat dan pernah masuk barisan depan pas race dan bahkan sempat memimpin jalannya race. Tapi yah itu dia, bermodal motor CRT Aleix akhirnya kedodoran di tengah hingga akhir lomba.

Meskipun kedodoran Aleix sering ngasepin para pembalap Ducati yang notabene pake motor pabrikan. Sebut saja Dovi, Hayden, Iannone hingga Spies, semuanya pernah dia asepin bermodalkan motor CRT. Gile lu Ndro.. :mrgreen:

Nah, selepas berakhirnya MotoGP musim 2013 kemaren, Aleix kembali unjuk kecepatan gigi, meskipun baru sebatas sesi tes saja. Lihat saja di tes Valencia yang berlangsung dari tanggal 11-13 November 2013 alias sehari selepas race terkahir di musim 2013.

Aleix Espargaro-NGM Forward Mobile Racing
Aleix Espargaro-NGM Forward Mobile Racing

Turun lintasan dengan motor open class Yamaha-FTR, Aleix malahan gak bisa turun di hari pertama dikarenakan motornya belum siap. Baru dihari kedua Aleix turun dan nangkring di posisi 15, ane fikir open class akan bernasib sama seperti CRT nih, buktinya Hayden yang pake RCV100RR juga berkutat di posisi ke-13.

Progress positif terjadi di hari ke-3 sesi tes Valencia, Aleix yang notabene baru 3 hari pegang Yamaha-FTR berhasil meraih posisi ke-8 dengan gap hanya 1.357 detik saja. Sementara Hayden sebagai pembanding sesama open class masih terdampar di posisi ke-12 dengan gap 1.836 detik.

Aleix kembali membuat kejutan dan sensasi di test Sepang 1 dia berhasil menjadi pembalap tercepat ke-4 di hari test Sepang 1. Selisih waktunya dengan Marquez sebagai pembalap tercepat hanya 0.465.

Begitupun di test Sepang 2, Aleix sempat menjadi nomor 2 selama 2 hari dan dihari terakhir menjadi nomor 4 tapi gapnya cuman 0.102 detik dari pembalap tercepat. Meskipun Aleix banyak mendapat tudingan bahwa motornya bukan murni open class, toh udah sesuai regulasi kan? Jadi kalau ada yang ngiri atau gak suka, yah tinggul ikutin aja, gituh aja koq repot.. :mrgreen:

Tolok ukur lainnya kalau Aleix emang beneran kenceng adalah rekan setimnya di NGM Mobile Forward racing, yakni Colin Edwards yang hanya mampu bertengger di posisi ke-14 dengan selisih waktu 1.749 detik dari pembalap tercepat. Nah loh, masih ada yang meragukan kalau Aleix ini emang kenceng? Silahkan baca tulisan Mbah Dukun yang berjudul : Aleix Espargaro … Pada dasarnya memang kencang !!!

Nah, permasalahannya adalah ini masih sesi test yang artinya belom bisa dijadikan patokan. Masih inget kan Ducati di musim kemaren sering dapet hasil bagus di sesi kualifikasi, tetapi tetap memble pas race? Jadi yang dibutuhkan oleh Aleix bukan hanya cepat pada single lap saja, tetapi wajib untuk cepat dan konsisten hingga lap terakhir race nanti.

Terus bisa gak sih Aleix konsisten sepanjang race? Kita lihat prediksi Bro Oyo alias Bro Yoga berikut ini : “aleix espargaro terbuka naik podium tp sy ga yakin bs podium 1 ne bro tapi lebih sering dibaris dua, ring 1 sptnya tetep fantastic 4. aleix,,bautista,,dovi, bradl, cruthclow n’ pol akan seru tapii yakin 1 diantara rider ring 2 ini bakal ada yg podium! baru itu
prediksi lho ya………”

Okeh petikan diatas adalah prediksi bro Oyo via kolom komentar di blog ini. Sekarang, kalau kata ane sebagai admin KomMotor gimana nih? Kalau ane sih lebih extreme lagi pemirsah, sepertinya Aleix akan sering mengganggu fantastic 4 di ring 1 alias rombongan pertama.

Dan bahkan menurut ane Aleix bisa saja juara seri pada musim 2014 nanti. Soalnya mesin Yamaha sudah terbukti konsisten, bahkan Lorenzo sering dijulukin Mr. Consistent saking dia istiqomah bikin laptime identik alias jarang ngedrop. Nah loh, lagi-lagi ane berbeda tebakkan dengan Bro Oyo. Sebagai info Bro Oyo sudah 2 kali tebakannya bener dan ane 2 kali tebakannya meleset, jadi yah skor sementara 0-2 untuk kemenangan Bro Oyo. :mrgreen:

Kita lihat kali ini wangsit siapakah yang paling bener? Baik yang tebakannya bener atau salah tidak mendapat hadiah atau hukuman, yang penting share. Ada yang mau ikutan share prediksi atau analisis? Mangga di kolom komentar, biar cetar.. 😉

Iklan

24 respons untuk ‘Mengintip Peluang Aleix Espargaro Di MotoGP 2014

    • KomMotor Maret 6, 2014 / 12:47

      Wew.. pertamax berlimpah disinimah.. :mrgreen:

    • hulssay Maret 6, 2014 / 12:48

      wkwkwk..ketinggalan jau tnyata..
      lemotnya..
      🙂

    • KomMotor Maret 6, 2014 / 12:59

      Pertamax murah meriah disini mah..

    • KomMotor Maret 6, 2014 / 13:01

      Sip dah… apalagi kalau tahun 2015 nanti pindah ke Tech3.. 😀

        • KomMotor Maret 6, 2014 / 13:06

          Jangaaaaaaaannnnn…
          Rossi masih pengen balap 2 tahun lagi… 😀

  1. 0yoo Maret 6, 2014 / 14:42

    walah kyk orang taruhan aja neh :mrgreen: ……

    • KomMotor Maret 6, 2014 / 16:50

      Kidding gan…
      Biar rada seru gituh… 😆

    • KomMotor Maret 6, 2014 / 17:04

      Iya gan..
      Biar tambah seru.. 😉

    • KomMotor Maret 6, 2014 / 20:24

      Iya pak Guru..
      Semoga tambah rame MotoGP musim ini.. 😉

    • KomMotor Maret 6, 2014 / 20:26

      Nuhun kang tos diralat, nu nulisna tos diruat… wkwkwkkwk… :mrgreen:

      • Fitready Maret 6, 2014 / 20:28

        mulai tunduh… mulai tunduuh… hehe

Mangga Komentar... Biar Cetar... :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s