Mengintip Peluang Jorge Lorenzo di MotoGP 2014

Jorge Lorenzo-Kelas 125cc
Jorge Lorenzo-Kelas 125cc

Setelah sebelumnya udah sama-sama kita intip peluang hampir semua pembalap MotoGP yang ane prediksi akan bertarung di barisan depan, masih ada satu pembalap yang belum ane bahas nih. Sekarang kita bareng-bareng share dan akan mengintip Peluang Jorge Lorenzo di MotoGP 2014.

Seperti edisi sebelumnya, kita flashback bentaran pemirsah…

Jorge Lorenzo Guerrero adalah pembalap berkebangsaan Spanyol yang terlahir di Palma de Mallorca pada tanggal 4 Mei 1987. Hohe (baca : Lorenzo) mulai mengikuti MotoGP di kelas 125cc pada tahun 2002, tetapi sayang di kelas ini Hohe belum bisa menjadi juara pemirsah.

Lorenzo naik kelas ke 250cc pada tahun pada tahun 2005 dan meraih 6 podium, tetapi sayang raihannya gak cukup buat nahan laju Pedrosa yang jadi juara di musim tersebut. Barulah pada musim berikutnya alias tahun 2006, Lorenzo meraih gelar pertamanya di MotoGP kelas 250cc dengan raihan 8 kemenangan dan 10 kali pole position.

Jorge Lorenzo-Juara dunia ke-2 250cc
Jorge Lorenzo-Juara dunia ke-2 250cc

Begitu pun di musim 2007, Lorenzo kembali menggila dan meraih gelar juara dunia kelas 250cc untuk yang kedua kalinya. Jumlah kemenangan pun bertambah menjadi 9 kemenangan dan 9 kali pole position.

Naik kelas ke MotoGP pada tahun 2008, Lorenzo langsung menggebrak dengan raihan pole position di debutnya. Namun, dikarenakan stylenya yang terlalu bernafsu Lorenzo justru jadi sering jatuh dan kecelakaan di musim pertamanya di MotoGP. Di akhir musim 2008, Lorenzo nongkrong di posisi ke-4 dengan torehan 190 point dari 1 kemenangan dan 6 podium.

Ada fakta unik selepas musim 2008 tersebut, semenjak 2009 Lorenzo berhasil meraih posisi runner-up kemudian 2010 juara dunia, anehnya selalu selang-seling antara juara dan runner-up dari tahun ke tahunnya. Biar jelas ane bikin rinciannya yah :

Jorge Lorenzo-Juara Dunia MotoGP 2010
Jorge Lorenzo-Juara Dunia MotoGP 2010
Jorge Lorenzo-Juara Dunia MotoGP 2012
Jorge Lorenzo-Juara Dunia MotoGP 2012
  • MotoGP musim 2009 : Runner-up
  • MotoGP musim 2010 : Juara Dunia
  • MotoGP musim 2011 : Runner-up
  • MotoGP musim 2012 : Juara Dunia
  • MotoGP musim 2013 : Runner-up
  • MotoGP musim 2014 : ???

Peluang Lorenzo di MotoGP Musim 2014

Nah loh? Liat rincian di atas kan? Ane pernah belajar Matematika dulu, tapi sekarang udah lupa lagi namanya entah deret baris atau apa gituh. Terus hubungannya apaan? Jadi ginih, kalau pemirsah nemu soal ujian percis seperti rincian di atas, pemirsah jawab apa tuh tanda tanya di atas??? :mrgreen:

Hahaha.. itu mah intermezo sajah dan jujur ane kurang percaya sama mitos raihan sebelumnya pemirsah. Nah, melihat track record Lorenzo di sesi test pra musim MotoGP, sepertinya sih Hohe memang rada kesulitan dengan M1 2014 ini dan terutama ban pasokan Bridgestone yang baru yang dirasa kurang gigit.

Sampai FP3 Qatar tadi malem aja, Lorenzo masih terdampar di posisi ke-7 dan terpaut selisih 0.722 dari Aleix Espargaro yang jadi pembalap tercepat. Apakah kita harus coret Lorenzo dari kandidat jurdun tahun ini? Jangan dong, kan pembalap jagoan ane yakin deh kalau udah ketemu solusinya dijamin Lorenzo ngacir dan kenceng lagi.

Jorge Lorenzo-MotoGP 2014
Jorge Lorenzo-MotoGP 2014

Masalah peluang sih, tahun kemaren aja meskipun Yamaha telat baru ngasih SSG buat Lorenzo dan Rossi di seri Misano 2013, Lorenzo masih sanggup ladenin Marquez hingga seri terakhir. Bahkan jumlah 8 kali kemenangan Lorenzo masih lebih banyak dari jurdun 2013, Marc Marquez yang hanya mengoleksi 6 kemenangan.

Apalagi kalau X-Fuera dikasih SSG dari awal musim yah pemirsah, logikanya sih pasti bisa berbuat lebih Lorenzo ini. Modal SSG, skill dewa dan smooth kalau bawa M1, pengalaman 6 musim di MotoGP serta sedikit agresif (gara2 Marquez nih pasti :mrgreen: ) rasanya gak tega kalau gak masukin Hohe sebagai kandidat jurdun MotoGP 2014.

Bahkan kata Mbah Dukun Indobikermags sih, Lorenzo bahkan bisa ngasih ekstra power 10 hp buat M1 di musim 2013 kemaren. Gak percaya, baca aja ekstra 10hp dari lorenzo !

Okay, boleh setuju boleh tidak euforia open class (terutama Aleix) yang menggila di sesi free parctice akan hilang perlahan dengan skill dan kecepatan dewa para alien seperti Marquez, Lorenzo, Pedrosa dan Rossi. Jadi yah gitu, apabila solusi ban udah ketemu dan Mr. Konsisten ini tetap konsisten, maka ane fikir Lorenzo pantes dijadikan kandidat terkuat pesaing Marquez musim ini untuk rebutan gelar juara dunia.

Terakhir, ini hanyalah intipan alias prediksi dari seorang newbie. Jadi kalau ada para senior atau suhu MotoGP yang tidak sreg dengan tulisan ane, mohon maaf yah suhu semuanya. Gimana pemirsah semuanya? Ada yang punya terawangan lain soal peluang Lorenzo99? Mangga share di kolom komentar…

Iklan

14 respons untuk ‘Mengintip Peluang Jorge Lorenzo di MotoGP 2014

  1. 0yoo Maret 22, 2014 / 21:55

    bener, tinggal nunggu kliknya saja, cm sl waktu..

    • KomMotor Maret 22, 2014 / 23:58

      Itu waktu di kelas 125cc gan…
      Mungkin sebelum difoto, nyipin sampanye dulu di podium.. :mrgreen:

  2. 46sukses.com Maret 23, 2014 / 01:02

    Yg paling kusuka dari jolor,,se’ebrasinya itu lho,,unik,,kayak anak kecil,biar org lain gk suka,,tapi aku suka

    • KomMotor Maret 23, 2014 / 01:08

      Wuahahaha…
      Aneh ya, ane malahan kurang begitu suka dengan selebrasi loncatnya.. 😉
      Yang paling ane suka itu cara Hohe ngelibas tikungan dengan smooth tapi kenceng..

      • fian Maret 23, 2014 / 05:49

        iya om. awalnya ikut2n org pada gak suka, tp pas gw ikutin baik2 trnyata gak jelek2 amat si Hohe.. mantap malah jadi suka bnget skrang terutama pas aksinya di valencia kmaren 🙂

Mangga Komentar... Biar Cetar... :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s