IBK : Knalpot Racing Ditilang Tanpa Alat Ukur Tingkat Kebisingan, Koq Bisa?

Semoga Pengunjung KomMotor Gak Kena Tilang
Semoga Pengunjung KomMotor Gak Kena Tilang

Selamat malem minggu pemirsah KomMotor sa-alam dunya, berjumpa kembali di IBK (Indonesia Bikers Klub) Episode 3. Di episode ke-3 ini, topik kita malam ini adalah… Knalpot Racing Ditilang Tanpa Alat Ukur Tingkat Kebisingan, Koq Bisa?

Sebelum bahas pro dan kontranya, izinin ane kutip peraturan alias Undang-Undang yang mengatur masalah knalpot ini. Adalah UU no. 22/2009 LLAJ yang mengatur tentang ambang batas kebisingan sepeda motor, dengan rincian :

  • Motor berkapasitas 80cc ke bawah : tingkat kebisingan maksimal 86 Desible (db).
  • Motor berkapasitas 80cc ke atas : tingkat kebisingan maksimal 90 Desible (db).

Kalau pemirsah ada yang melanggar, akan dipenjara maksimal 1 bulan atau denda maksimal Rp 250.000. Haiisssh.. emang pak polisi fikir gampang apa nyari uang? Permasalahannya adalah banyak kasus terjadi, dimana polisi menilang knalpot racing, tanpa alat ukur kebisingan. Cuman pake feeling doang? Emangnya maen gitar apa? :mrgreen: Pro dan kontra pun langsung menyeruak pemirsah, kita simak sama-sama yuk..

Knalpot Racing Digilas Silinder
Knalpot Racing Digilas Silinder

Bahas yang pro dulu, ini alasannya :

  • Benci banget sama suara knalpot racing, semerdu apapun ituh (pokoknya berisik… titik). Jadi orang yang model gini malah seneng liat para pemakai knalpot racing kena tilang, sukurin katanyah… 😀
  • Punya pengalaman pahit sama pemakai knalpot racing, misalnya : Diasepin dijalan, lagi sakit gigi tiba-tiba ada motor dengan knalpot racing lewat, mau nidurin anak terganggu dengan suara knalpot racing, dan lain-lain…
  • Pemerhati atau aktifis lingkungan, ini mah gak usah dijelasin contohnya lah, pastinya udah pada tahu dong alasannya.

Sebaliknya, mereka yang kontra, begini katanya alesannya :

  •  Pecinta seni modif, bagi mereka tampilan knalpot racing yang berbeda dari standar dan suaranya yang kata mereka merdu adalah keindahan tersendiri. Jadi ketika ditilang tanpa alat ukur yang jelas, ya jelaslah mereka gak nerima.
  • Para produsen knalpot racing, jelas ini merupakan sebuah hambatan. Efeknya ada, mereka yang berniat beli knalpot racing pun jadinya mikir-mikir lagi karena takut ditilang.

Sementara itu knalpot racing sendiri, terbagi menjadi beberapa kategori, diantaranya :

  1. CMS : Cuman Meningkatkan performa koq Sampai ditilang.
  2. DBS : Dimana Bermasalahnya Sih?
  3. PDK : Pake Ditilang Kan gak ada alat ukurnya?
  4. Yoshimura : Yo Shudahlah i murah juga bayar tilangnya.
  5. Akrapovic : Akurapopo vic ah.. (damai).. 😀
Apa Harus Pake Knalpot Bambu Biar Gak Ditilang
Apa Harus Pake Knalpot Bambu Biar Gak Ditilang

Nah, pemirsah masuk golongan yang pro atau kontra nih dengan fenomena di atas? Atau kah masuk golongan yang cuek bebek dan gak perduli? 😀

Sekian episode ke-3 dari IBK (Indonesia Bikers Klub)… Ngobrol motor, tanpa solusi… :mrgreen:

 

Silahkan Baca Tulisan Lainnya :

Iklan

35 respons untuk ‘IBK : Knalpot Racing Ditilang Tanpa Alat Ukur Tingkat Kebisingan, Koq Bisa?

    • KomMotor April 5, 2014 / 20:20

      Woh.. ane baru tahu.. 😀

    • KomMotor April 5, 2014 / 20:24

      Wkwkwkkk…
      Karek mireng aya alat ceulikator.. :mrgreen:
      Sakalian weh.. torekator..

      • cahyadip April 5, 2014 / 20:27

        Wihi hi hi, pan naros alatna

        • KomMotor April 5, 2014 / 20:29

          Wkwkwk.. ceulikator mah kirang akurat meureun nya Kang?? 😉

          • cahyadip April 5, 2014 / 20:36

            Ya pastinya 🙂

    • KomMotor April 5, 2014 / 20:42

      Haha.. pokoke enjoy yah gan.. 😀

  1. 0yoo April 5, 2014 / 21:00

    sdh pst berisik 😀 tp polantas wajib prosedural, tilang tanpa alat tes lak siapapun bakal bilang itu salah, undang2nya tepat tp penegak hukumnya undisciplined ya g bakal selesai urusannya

    • KomMotor April 5, 2014 / 23:18

      Waow banget analisisnyah,,,
      Jadi pro apa kontra nih gan?? 😉

      • 0yoo April 5, 2014 / 23:36

        Golput ajah wkwkwkwk..

        • KomMotor April 5, 2014 / 23:38

          Wkwkkwk… tumben nih golput.. 😀

  2. Fitready April 5, 2014 / 21:19

    ane suka kalo motor pake sendalpot resing tapi bawanya datar (ga neko2),
    kalo yang bawanya gerang gerung ga jelas mah walopun sendalpotnya standar “bakal ku aing polototan geura” 👿

    • KomMotor April 5, 2014 / 23:18

      Wkwkwkk… ulah galak2 Kang.. 😀

  3. danisubject April 5, 2014 / 21:34

    hahahaarai ngakak merk e mas . ra apik ki hukum yang tidak tegas n bergelantung abu abu . (ketauan pengguna knalpot racing) nob1 No B1ru no mlaku 😀

    • KomMotor April 6, 2014 / 08:01

      Sip gan..
      Disinih memang bebas berpendapat..
      Apapun pilihannya, tetap keep brotherhood.. 😉

    • KomMotor April 6, 2014 / 08:53

      Itu dia gan anehnya.. 😉

        • KomMotor April 6, 2014 / 08:57

          Ssssst… jangan bilang2 sama polisi yah..
          Software buat ngukur kebisingan udah ada di Android…
          Jangan bilang2 yah..
          Takutnya nanti ane kena tilang.. :mrgreen:

          • RPMspeed April 6, 2014 / 08:59

            lhoh emg pke snalpot racing ?

            • KomMotor April 6, 2014 / 09:00

              Ane pake DBS galvanis..
              Tahu tuh masuk kategori knalpot racing atau bukan..
              Cuman suaranya lebih garing dari yang standar.. 😀

  4. jomut Maret 18, 2015 / 10:13

    knapa polisi merazia orang yang menggunakan knapot racing

    sharusnya polisi juga merazia sumbernya agar tidak membuat knalpot racing
    kan juga tdak ada orang yang menggunakan knalpot racing. . .

    jika sumbernya gag ada
    maka orang gag pada make knalpot racing

    • KomMotor Maret 18, 2015 / 20:37

      Betul sekali ituh gan.. 🙂
      Setuju bingit ane…

Mangga Komentar... Biar Cetar... :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s