Banyak Pembalap Mengeluh Ban Bridgestone, Akankah Masuk Supplier Ban Lain Ke MotoGP???

Bridgestone-Supplier Ban tunggal MotoGP 2008 samapi 2014
Bridgestone-Supplier Ban tunggal MotoGP 2008 sampai 2014

Sebetulnya udah beberapa tahun belakangan ini sebagian pembalap MotoGP mengeluhkan performa ban Bridgestone yang tidak sesuai dengan harapan mereka.

Anehnya lagi, setiap tahun dengan spesifikasi ban yang berbeda-beda, pembalap yang mengeluh juga berbeda-beda pemirsah… Sebut saja pihak HRC yang mengeluh masalah ban pada tahun 2012, CMIIW (Colek Me If I Wrong) 😀 sementara tahun ini justru para pembalap Movistar Yamaha yang menangis mengeluh gara-gara ban ini.

Sekedar nostalgia, dulu pada tahun 2007 dimana ketika itu baru Ducati yang pake ban Bridgestone dan akhirnya juara dunia melalui Casey Stoner. Para pembalap lain pun berbondong-bondong berpaling dari Michelin ke Bridgestone, termasuk Rossi dan Pedrosa. Terbukti di tahun berikutnya, Rossi pun jadi jawara MotoGP 2008 dan berhasil memutus dominasi Ducati.

Bridgestone Vs Michelin
Bridgestone Vs Michelin

Nah, sejak tahun 2008 itu pula, Bridgestone akhirnya didaulat sebagai pemasok alias supplier tunggal ban di MotoGP. Proyek promosi yang sangat besar pastinyah, siapa sih yang gak tahu MotoGP?

Pembalap kelas wahid MotoGP aja pake ban Bridgestone, berarti kan sesuatu banget ketika kita pakai ban Bridgestone di motor kita. Begitulah kira-kira target promosi yang ingin dicapai pihak Brisgestone, ketika mereka tanda tangan kontrak dengan pihak DORNA.

Tetapi semuanya tidak mulus lagi akhir-akhir ini pemirsah… Diawali dengan tragedi “Pit Stop” (bukan Ari Pitstop yah.. 😀 ) di seri Pihilip Island 2013 dan memakan korban black flag Marc Marquez. Dan sekarang pembalap Movistar Yamaha mengeluhkan performa dari si karet bundar asal Jepang ini.

Bukan hanya ituh, pihak Duacti yang harusnya berterimakasih kepada Bridgestone yang telah memberi gelar juara dunia tahun 2007, malahan akhir-akhir ini menuding Bridgestone sebagai biang kerok gejala understeer di motor mereka. Ingat woy Ducati… air susu jangan dibalas air tuba dong… 👿

Lebih sadisnya lagi, pihak Ducati sampe yakin banget kalau gejala understeer di motor mereka baru akan sembuh apabila memakai ban dari supplier lain. Yakin banget dah tuh Ducati, padahal ujicoba aja belom…

Meskipun cuman sebentuk lingkaran berbentuk mirip donat yang terbuat dari karet, ternyata memang peran ban di MotoGP ini vital banget pemirsah. Selain masalah keselamatan, ban juga sering menjadi penentu kemenangan atau kekalahan pembalap di ajang MotoGP ini.

Vale pake Ban Bridgestone-Lorenzo pake Ban Michelin
Vale pake Ban Bridgestone-Lorenzo pake Ban Michelin

Menaggapi hal ini, seperti dilansiar Asphaltandrubber, pihak DORNA sedang mempersiapkan beberapa planning untuk beberapa tahun ke depan. Salah satunya adalah DORNA dikabarkan sedang bernegosiasi dengan pihak Dunlop, Pireli dan Michelin. Soalnya kontrak Bridgestone sebagai pemasok tunggal ban di MotoGP akan berakhir tahun 2014 ini.

Jadi, selain ajang tender dan cari duit pihak DORNA, masalah gonjang-ganjing ban ini akan menentukan peta persaingan MotoGP pemirsah. Meskipun disinyalir tahun 2015 tender akan tetap dimenangkan Bridgestone (kemungkinan besar), namun siapa tahu aja ada supplier lain yang berani adu duit spek dengan Bridgestone ini.

Kemungkinan lainnya adalah DORNA memberlakukan multi supplier lagi di tahun 2016 nanti dan otomatis Bridgestone, Michelin, Pireli atau Dunlop akan bersaing untuk menjadi yang terbaik dalam urusan ban ini. Lagi-lagi kita sebagai penggemar MotoGP yang akan dimanjakan dengan lebih berwarnanya persaingan di MotoGP.

Kita sama-sama tunggu saja yah pemirsah… Silahkan di corat coret… 😀

 

Silahkan Baca Tulisan Lainnya :

Iklan

50 respons untuk ‘Banyak Pembalap Mengeluh Ban Bridgestone, Akankah Masuk Supplier Ban Lain Ke MotoGP???

    • KomMotor April 19, 2014 / 13:59

      Setujuh… lebih variatif,, 😉

  1. Mas Odi April 19, 2014 / 14:17

    josssss. nice share. gak sadar kalo dulu rossi lebih milih bridgestone. dulu kan kompon ban memang sesuai dengan regulasi dan dana. sekarang regulasinya ban murah, tapi hasilnya ya tau sendiri 😀

    iya. cari produsen ban yang memang berani kasih harga murah tapi hasil josss. eh, kan sekarang ban vulkanisir. kalo dulu bukan kan. jadi mahal. memang bagus vulkanisir atau bukan sih??? saya kurang paham deh soal ini 🙂

    http://odipermana.wordpress.com/2014/04/19/7-rahasia-menarik-ketika-googling-di-google-yang-tidak-begitu-penting/

    • KomMotor April 19, 2014 / 14:21

      Setujuh gan.. kalau J-Co lebih enak..
      Kenapa pilih Dunkin..
      EH.. kidding.. 😀

    • KomMotor April 19, 2014 / 16:25

      Iyah masbro.. ane emang kurang lengkap nulisnya, untuk multi ban biasanya para pembalap udah terikat kontrak dengan satu pemasok ban sebelum musim balap dimulai.. 😀
      Jadi titik berbeda adalah antar pembalapnya seperti yg Mas Wir bilang..
      Thanks pencerahannya masbro..

    • KomMotor April 19, 2014 / 16:25

      Wkwkkw.. sok kituh,,,
      Alus iRC oge.. 😀

    • KomMotor April 19, 2014 / 16:50

      Wuahaha.. naon etah Kang S20 teh? Nembe mireng..

      • cahyadip April 19, 2014 / 17:09

        Eta tipe ban bridgestone…buat z250 mah sepsangna 2,5jeti

        • KomMotor April 19, 2014 / 17:56

          Hahaha… tos kafikiran sih…
          Awis nyah Kang…
          gud kualiti soalna.. 😀
          #janten katagihan gud..

          • cahyadip April 19, 2014 / 21:41

            Gud aidie lah wk wkkk

    • KomMotor April 19, 2014 / 16:51

      WKwkkwk…
      Belom gan..
      Semoga suatu saat nanti.. 😀

    • KomMotor April 19, 2014 / 16:59

      Oh muhun2.. Akang ganteng..
      Nembe ngeuh…
      gud nyus Kang.. 😀

      • cahyadip April 19, 2014 / 17:10

        Hahay atuh 🙂

  2. An_Syahri April 19, 2014 / 17:03

    Apapun merk-nya yang penting bukan vulkanisiran…. 😀

  3. 0yoo April 19, 2014 / 22:20

    yah, poinnya di abrasi tuh sm duo HRC

    • KomMotor April 19, 2014 / 22:38

      Kalem gan.. Belanda masih jauh.. :mrgreen:

      • 0yoo April 19, 2014 / 23:08

        haiizz :mrgreen: jgn kaget ningrat sj kalah kalem ma sy wkwkwk…

        • KomMotor April 19, 2014 / 23:13

          WOh… wkwkwkkkk…
          berarti sama2 ningratnyah,, 😀

  4. 46sukses.com April 20, 2014 / 12:42

    Ampun ngagem bahasa sunday mas,,,kulo mboten paham….

    • KomMotor April 20, 2014 / 13:30

      Nggih… mboten opo2…
      yang penting always brotherhood poreper… 😀
      Salam MotoGP masbro..

Mangga Komentar... Biar Cetar... :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s