9 Cara Menghemat Baterai Android : Trust Me… Its Work !!!

Kesel Gara-gara lowbatt
Kesel Gara-gara lowbatt 😀

Gara-gara beberapa hari yang lalu posting TOP 10 Aplikasi Android Yang Boros Baterai, ane keceplosan tuh di akhir postingan buat bahas Cara Menghemat Baterai Android. Hadooohhhh… sorry nih buat para suhu dan master Android semuanya, ane cuman share doang nih, semoga tidak ada kesan menggurui yah..

Dari pengalaman ane sih, ini bener-bener berguna dan menjadikan baterai bertahan lebih lama. Jadinya kita gak rempong lagi nyari charger atau Power Bank.  Trus Me… Its Work !!!

Langsung aja deh, berikut Cara Menghemat Baterai Android :

1. Matikan Wi-Fi dan Paket Data Ketika Tidak Dibutuhkan

Misalnya lagi ada kerjaan, atau lagi ada pelajaran, atau lagi ada mata kuliah, atau lagi shalat misalnya. Matikan dulu Wi-Fi atau paket data nya yah pemirsah. Inilah musuh baterai yang sesungguhnya, 😀 Jadi kalau tidak diperlukan jangan connect yah… hemat bebebz…

2. Matikan GPS dan Bluetooth

Kalau kita gak lagi diperjalan dan gak butuh sama yang namanya GPS, off-kan saja pemirsah. GPS juga doyan banget sama yang namanya gerogotin baterai. Pun begitu dengan Bluetooth, jangan sampe lupa off-kan yah kalau abis dipake mengirim file. Lupa… lupa, lupa, lupa, lupa lagi Bluetoothnya (sambil nyanyi). :mrgreen:

3. Matikan Aplikasi yang ada di TOP 10 (Klik), Ketika Tidak Terpakai

Diantara 10 Aplikasi tersebut, pasti ada yang diinstall kan pemirsah? Duuuuhh… 10 aplikasi tersebut rakus bingit nyedot baterai nya pemirsah. Jadi kalau lagi gak dipake, jangan sungkan untuk logout yah.

4. Silent Nada Tombol dan Non Aktifkan fitur Bergetar Saat Disentuh

Nada tombol yang mana? Ntu tuh pemirsah, nada tut.. tut.. yang keluar kalau kita ngetik sms di keyboard. Sama satu lagi fitur bergetar saat disentuh (fiturnya bikin inget sesuatu nih) :mrgreen:, yang kalau kita ngeklik aplikasi atau tombol home, geter-geter gituh. Nah yang kaya gituh matikan aja, bikin semutan juga kalau kita lagi klak-klik…

5. Matikan fitur “Flash” Pada Kamera, Ketika di Tempat Terang

Kalau Gelap Baru Pake Flash
Kalau Gelap Baru Pake Flash 😀
Sumber : Fotografer.net

Suka foto-foto dong? Suka pake flash juga? Jangan sampe di tempat terang atau yang cukup pencahayaannya ituh fitur flash masih diaktifin aja, off-kan sajah. Tapi ada yang bilang, kalau flash nya gak nyala ituh serasa gak difoto. :mrgreen: Please deh… mau pilih lampu flash/blitz atau pilih baterai awet?

6. Simpen Hape di Tempat Yang Sejuk

Jangan sampe simpen hape di atas CPU Komputer, deket Tivi, deket rice cooker, apalagi deket kompor. :mrgreen: Kalau disimpen deket kompor sih, bukan cuman baterai yang berkurang, dompet juga bakalan berkurang deh kayaknya.

7. Jangan Sampe Baterai Mati Total Ketika Lowbat

Kan suka ada peringatan tuh, misalnya :”Baterai Lemah, Tersisa 14 %”. Pokoknya berapa persen lagi, tinggal dikit, langsung charge yah pemirsah.

Jangan sampe mati total, soalnya ini akan membuat baterai semakin lemah kedepannya. Terbalik sama jaman dulu kan? Kalau dulu mitos yang beredar, jangan di charge sebelum baterai belom bener-bener habis alias mati total. Dunia emang udah mulai serba terbalik nih…

8. Update Aplikasi Secara Reguler

Jangan males update aplikasi yang terinstall di Android kita yah. Biasanya kalau ada notifikasi update, kita cuekkin aja, bahkan langsung kita geser biar tuh notif ilang.

Mulai sekarang begituh ada update langsung klik yah… Soalnya para pembuat aplikasi selalu berusaha nyempurnain produk mereka, salah satunya yah konsumsi baterai. Sudah jadi rahasi umum, versi terbaru sebuah aplikasi umumnya lebih hemat baterai daripada versi lawasnya.

9. Install Aplikasi Penghemat Baterai

Ini ane tempatkan di posisi terakhir pemirsah, soalnya ane belom pernah coba dan belom pernah install. Dengan praktekkin cara nomor 1 sampe 8 aja, hape ane udah lumayan hemat baterainya pemirsah. Barangkali ada yang mau install, silahkan install aplikasi Du Battery Saver, recomended para suhu Android tuh.

Dengan praktekkin cara nomor 1-8 saja, pemakaian baterai ane jadi lebih hemat pemirsah. Silahkan ditengok screenshootnya…!!!

Tembus 2 hari 15 Jam Pemirsah
Tembus 2 hari 15 Jam Pemirsah 😎

Mantabh dan jozz gandozz kotoz-kotoz kan? Goodbye power bank… Hahahaa, boleh dong sekali-kali ane lebay. 😀 Selamat mencoba dan praktekkan yah…

Udah dulu yah pemirsah… pegel juga nih ngetik, sampe keriting jari-jarinya. 😀 Barangkali ada yang mau tambahin atau sharing pengalamannya, silahkan corat-coret kolom komentar yah…

Iklan

18 respons untuk ‘9 Cara Menghemat Baterai Android : Trust Me… Its Work !!!

  1. Fitready Januari 7, 2015 / 15:42

    non aktifkan segala macam sensor (auto brightness, atw segala macam yg berbau auto) termasuk blog jgn sering2 auto pilot, pemborosan namanya :mrgreen:

    • KomMotor Januari 7, 2015 / 16:41

      Wkwkwkwk..
      Thanks pencerahan auto nya gan… :mrgreen:

    • KomMotor Januari 7, 2015 / 20:35

      Sip lah kalau masih awet mah.. 🙂

      • sam momo blog Januari 7, 2015 / 20:58

        Kalo ga buat apa2 awetnya mas bro 😀

  2. M. Opik Juli 10, 2015 / 19:05

    Matiin data pasti awet mas 🙂 hp sy bisa tahan 3 hari ga dicas kalau datanya mati haha

Mangga Komentar... Biar Cetar... :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s