MotoGP 2016 : Rossi “Sedikit” Mengkhawatirkan Bila Pake Ban Michelin

Rossi Atau Lorenzo yang lebih cocok dengan Michelin?
Rossi Atau Lorenzo yang lebih cocok dengan Michelin?

Menarik menyimak tulisan blogger senior, Ridertua yang membahas tentang “Karakter YAMAHA M1 Lebih Cocok dengan Valentino Rossi Atau Lorenzo….???” Sungguh ini adalah kalimat tanya yang bikin semua penggemar MotoGP penasaran.

Kalau acuannya adalah test MotoGP Valencia kemaren yang berlangsung 2 hari, maka jawabannya adalah sepertinya Lorenzo lebih cocok yah dengan M1 2016. Terbukti Lorenzo selalu menorehkan catatan waktu yang lebih baik dari Rossi.

Lorenzo di hari pertama berhasil nongkrong di posisi 5 timesheets dengan selisih waktu hanya 0.216 detik dari Marquez yang jadi pembalap tercepat. Di hari kedua, Lorenzo kembali meraih posisi ke-5, dengan selisih 0.222 detik lagi-lagi dari Marquez yang jadi pembalap tercepat.

Sementara itu Rossi “sedikit” mengkhawatirkan nasibnya dengan ban Michelin ini. Di hari pertama, Rossi terlempar ke posisi 12 dan terpaut gap 0.850 detik dari pembalap tercepat. Untung saja Rossi bisa memperbaiki catatan waktunya di hari kedua dan berhasil meraih posisi ke-7 dengan gap 0.438 detik dari pembalap tercepat.

Begini komentar keduanya tentang ban Michelin, kita mulai dari Lorenzo yah. Seperti dilansir TMCBlog, berikut komentar Lorenzo tentang ban Michelin : ban belakang Michelin memang memiliki Grip yang bagus, namun untuk ban depan Ia harus mengurangi kemiringan dari Motor atau sedikit memperlambat laju untuk menghindari Crash. Lorenzo Menambahkan bahwa Crash biasannya terjadi di Pertengahan Tikungan saat pebalap ingin mencapai Kemiringan maksimum, Grip ban belakang sangat bagus-Namun sayangnya Grip ban depan pada kemiringan maksimum tidak men-support.

Lanjut ke komentarnya Rossi guys : Grip ban belakang 17 Inchi Michelin sangat bagus, namun grip side wall dari Ban Michelin Slick depan masih kurang. Menurut Vale Pebalap harus mengerti berapa  bobot yang harus di kenakan pada ban depan ini agar bisa bekerja maksimum terutama saat menikung.

Intinya keduanya sama-sama memuji kinerja ban belakang Michelin dan sedikit kesulitan dengan ban depan. Nah lo… bisa kompakkan gituh yah? 😀 Mungkin karena motornya sama kali yah… yang jelas masalah ban ini jelas menentukan siapakah yang lebih unggul di MotoGP 2016 nanti…

Mungkin diantara pemirsah ada yang nyeletuk : “Ah… baru juga test, Rossi kan biasa begitu, test atau free practice di papan tengah, tapi pada saat race melejit ke depan.” Mungkin juga guys… ini kan masih awal banget soalnya.

Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo
Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo Dengan Ban Berbeda MotoGP 2008

Tapi jangan lupa, ada kisah memilukan antara Rossi dengan Michelin di masa lampau. Ada yang inget gak tahun berapa Rossi bermasalah dengan Michelin?

Tepat sekali… tahun 2007, tahun dimana Rossi “dibantai” habis Casey Stoner yang pake ban Bridgestone. Rossi sempet merengek minta genti supplier ke pihak Yamaha, tapi apa daya kontrak sudah ditanda tangani. Stoner pun jadi juara MotoGP 2007 dengan ban Bridgestone, sementara Rossi terlempar ke posisi 3 klasemen akhir dengan ban Michelin.

Barulah di tahun 2008, Yamaha mengabulkan permintaan Rossi untuk pake ban Bridgestone. Hasilnya? Gantian, Rossi yang “bantai” Stoner, Laguna Seca pun menjadi salah satu saksi pembantaian tersebut. Di akhir musim Rossi berhasil menjadi juara MotoGP 2008.

Sementara itu Jorge Lorenzo yang di tahun 2008 pakai ban Michelin, justru lumayan memukau untuk ukuran pembalap yang baru naik kelas MotoGP. Lorenzo yang merupakan rekan satu team Rossi, berhasil meraih posisi ke-4 di klasemen akhir dengan ban Michelin.

So… Rossi dengan ban Michelin di MotoGP 2016? Memang “sedikit” mengkhawatirkan guys. Kecuali Rossi dan team segera berbenah untuk bisa bersaing di depan. Julukan The Doctor pun diuji lagi di 2016 nanti, mampukah Rossi menaklukan Michelin?

Iklan

2 respons untuk ‘MotoGP 2016 : Rossi “Sedikit” Mengkhawatirkan Bila Pake Ban Michelin

  1. Azis Karim November 14, 2015 / 17:43

    Semoga VR bisa menaklukan michelin, soalnya kasian michelin nanti dijadikan kambing hitam gara-gara VR gak jurdun 😀

    • KomMotor November 14, 2015 / 17:56

      WKwkwkk…
      Bisa aja gan.. 😀

Mangga Komentar... Biar Cetar... :D

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s